Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Macam Macam Teh Dan Keistimewaannya

Macam Macam Teh Dan Keistimewaannya

(1373 Views) February 27, 2014 12:02 am | Published by | No comment

Kita mengenal berbagai macam teh seperti teh hijau, merah, dan hitam. Di pasaran kita sering memperoleh kemasan bahwa teh ‘A’ ini, teh ‘B’ ini mempunyai khasiatnya ini itu. Namun, apakah kemasan teh-teh tersebut memang berupa teh saja atau ada campuran dengan zat-zat tertentu untuk mempunyai khasiat tertentu? Mari kita bincangkan bersama 🙂

Macam Macam Teh Dan Keistimewaannya

Hasil olahan daun teh secara umum dapat digolongkan menjadi 3 jenis yaitu teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Ketiga jenis teh ini berbeda dalam cara pengolahannya terutama pada tahap pemanasan daun teh sebelum pengeringan. Teh oolong merupakan pertengahan antara teh hijau dan teh hitam. Teh hijau daunnya dipanaskan. Teh hitam daunnya tidak dipanaskan. Teh oolong dipanaskan sedikit. Produk teh ini biasanya berupa daun teh kering yang dicampur dengan bunga melati kering agar aromanya harum. Produk teh kualitas rendah yang ada di pasaran banyak yang dicampur dengan batang daun atau bahkan ranting. Produk teh semestinya tidak mengandung campuran bahan atau zat lain.

Minuman teh bersifat menyegarkan dan diyakini mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa teh mengandung komponen kimia flavonoid dalam bentuk katekin yang mempunyai efek positif terhadap kesehatan. Katekin berfungsi sebagai antioksidan yang berperan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena dapat mengganggu fungsi sel.

Disamping itu, teh mempunyai aktivitas anti-diabetes yaitu dapat menurunkan kadar glukosa darah. Teh juga dapat menurunkan kolesterol plasma darah, menghambat penyumbatan pembuluh darah (atheroscelosis), mengurangi stress, menurunkan tekanan darah tinggi dan bahkan bermanfaat meningkatkan daya ingat.

Namun tentu saja, hal ini tidak berarti setiap orang dianjurkan untuk minum teh sebanyak-banyaknya. Jika mau, minum sajalah teh dalam jumlah yang wajar.

No comment for Macam Macam Teh Dan Keistimewaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.