Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Kesehatan Wanita Saat Menstruasi

Kesehatan Wanita Saat Menstruasi

(2988 Views) February 28, 2014 11:31 pm | Published by | No comment

Kesehatan Wanita Saat MenstruasiKesehatan wanita saat menstruasi sangat penting untuk dijaga. Secara umum memang ketika menstruasi tidak menampakkan gejala penyakit, tapi sebenarnya wanita dalam keadaan rentan. Baik itu secara fisik maupun secara psikologis. Hal ini yang menyebabkan beberapa wanita sangat sensitif manakala sedang dalam masa-masa menstruasi tersebut. Nah, berikut ini cara menjaga kesehatan ketika datang bulan.

Kesehatan Wanita dan Anemia
Ketika sedang datang bulan wanita mengeluarkan banyak darah yang menyebabkan kadar hemoglobin darah menurun. Akibatnya seringkali wanita merasakan pusing, lelah, lesu yang sebenarnya adalah gejala anemia. Tentunya hal ini sangat mengganggu aktifitas keseharian dari wanita tersebut. Untuk mengurangi keluhan saat menstruasi, sebaiknya konsumsi suplemen tambah darah dan makanan bergizi.

Jaga kebersihan
Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Cara menjaga kebersihan ketika sedang menstruasi adalah dengan sering mengganti pembalut. Minimal ganti pembalus 4 kali sehari agar kuman-kuman tidak masuk ke organ reproduksi. Selain itu, ketika mandi bersihkan benar-benar daerah kewanitaan dengan air dan daun sirih.

Istirahat Cukup
Agar tidak terlalu merasakan nyeri ketika menstruasi ada baiknya beristirahat teratur. Dan menghindari melakukan aktifitas yang berlebihan. Wanita yang sedang haid cenderung mudah lelah dan emosi karena perubahan hormon dan pengeluaran darah. Untuk menjaga kesehatan wanita ketika haid sebaiknya wanita mengatur waktu istirahatnya dengan tidur minimal 7 jam perhari.

No comment for Kesehatan Wanita Saat Menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.