Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Kesehatan Reproduksi Remaja

Kesehatan Reproduksi Remaja

(6457 Views) February 28, 2014 11:51 pm | Published by | No comment

Kesehatan Reproduksi RemajaKesehatan reproduksi remaja seringkali diabaikan dan dianggap tabu. Padahal remaja perlu tahu mengenai organ reproduksinya sehingga ia mampu merawat dan menjaga. Menurut penelitian para ahli, tingginya angka pergaulan bebas pada akhir-akhir ini disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan remaja mengenai masalah reproduksinya mereka masing-masing. Sehingga, pada masa remaja yang bersifat ingin tahu, mereka mengeksplorasi sendiri keingintahuan mereka tersebut. Untuk itu perlu adanya pembekalan pengetahuan yang cukup dari sekolah dan orang tua. Apa saja yang perlu diterangkan pada remaja?

Kesehatan reproduksi dan cara membersihkannya
Orangtua perlu mengajarkan bagaimana cara membersihkan organ reproduksi, utamanya wanita yang sedah menstruasi. Kebersihan organ reproduksi remaja sangat mendukung perkembangan reproduksi itu sendiri. Apabila remaja sudah terkena penyakit reproduksi tentu akan sangat berbahaya untuk kedepannya.

Seks Education
Bukan hendak berbicara vulgar, tapi mengajarkan apa saja yang dapat merusak keperawanan dan menyebabkan kehamilan agar mereka takut dan tidak mau coba-coba. Seks education juga mengutamakan bagaimana seorang remaja laki-laki dan perempuan bergaul sehingga ada batasan-batasan.

Kesehatan reproduksi remaja juga hendaknya memuat materi mengenai kerugian hamil atau menikah di usia muda agar mereka memahami faktor resiko dan menjauhinya. Hal ini penting untuk menekan angka pergaulan bebas, dan juga angka hamil diluar nikah. Penting juga memberitahukan tentang anatomi dan fisiologi organ reproduksi dalam setiap jenjang usia.

No comment for Kesehatan Reproduksi Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published.