Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Jenglot Dan Mitos Yang Beredar Di Masyarakat

Jenglot Dan Mitos Yang Beredar Di Masyarakat

(163 Views) July 20, 2017 2:33 am | Published by | Comments Off on Jenglot Dan Mitos Yang Beredar Di Masyarakat

Apakah anda pernah mendengar jenglot? Jika iya,mungkin banyak pertanyaan anda mengenai jenglot itu. Jenglot sendiri adalah benda yang cukup misterius hingga saat ini. bentuknya yang menyerupai manusia namun berukuran kecil dan memiliki kekuatan spiritual ini kerap menjadi buah bibir masyarakat. Biasanya jenglot memiliki kuku yang panjang dan rambut yang terus tumbuh. Banyak mitos yang kemudian beredar dikalangan masyarakat mengenai jenglot ini. Namun, Jenglot Menurut Islam sendiri memang ada terbukti dengan temuan yang kerap ditemukan masyarakat. Namun untuk percaya dan kemudian takut karena jenglot memiliki kekuatan magis, hal ini tidak dibenarkan dan termasuk kedalam perbuatan syirik. Karena kekuatan magis hanya milik Allah SWT.

Mitos yang beredar di masyarakat mengenai jenglot

Jenglot menurut beberapa masyarakat memang dianggap benda keramat. Masyarakat jawa sebagian juga percaya jika jenglot berasal dari perwujudan petir. Hal ini mereka yakini karena pada saat ada petir yang menyambar rumah atau pohon mereka menemukan benda-benda aneh. Penemuan inilah kemudian oleh masyarakat jawa dikaitkan dengan kekuatan jenglot yang sedang marah dan secara tidak sengaja ada benda jenglot yang tertinggal.

Mitos yang beredar lainnya adalah mitos yang menyebutkan jika jenglot merupakan jin yang terperangkap di dalam boneka. Sebagian masyarakat percaya jika jenglot adalah perwujudan dari jin jahat yang terperangkap. Mereka percaya jika jin-jin yang terperangkap inilah yang sering mengganggu umat Islam melakukan ibadah. Oleh karena itu, pada jaman wali songo, jin tersebut ditangkap dan dimasukkan kedalam tubuh para boneka yang kemudian kita kenal dengan sebutan jenglot. Padahal Jenglot Menurut Islam sendiri adalah benda yang memiliki bentuk seperti manusia. Jenglot bukan untuk disembah ataupun untuk ditakuti karena keberadaannya. Jenglot justru mengingatkan kita untuk terus mendekatkan diri pada Allah SWT agar terhindar dari bahaya yang mungkin tidak kita ketahui.

Mitos yang beredar lainnya menyebutkan jika jenglot adalah jelmaan dari seorang pertapa sakti. Pertama tersebut mati dalam semedi dan roh dari sang pertapa tidak dapat keluar dari tubuhnya. Oleh karena itu roh tersebut tetap berada didalam tubuh pertapa yang semakin mengecil setiap harinya kemudian hidup terus dengan ditandai bertumbuhnya rambut dan juga kukunya. Roh dalam jenglot itu tidak dapat keluar sebelum ada seseorang yang memiliki kemampuan yang cukup sakti membebaskan roh yang ada didalam tubuh pertapa.

Bahkan ada mitos yang menyatakan jika jenglot adalah manusia yang amat sakti namun tubuhnya tidak diterima dibumi sehingga ia terus mengecil dan meyusut hingga seukuran boneka. Namun, gigi, rambut dan kuku terus tumbuh. Demikian mitos dan fakta Jenglot Menurut Islam. Apapun itu, semuanya milik Allah dan kita harus percaya dan taat hanya kepada Allah SWT.

jenglot adalah sosok misterius yang kerap kali dijumpai di pelosok daerah. Aura mistis selalu dikaitkan dengan sosok jenglot ini.

Comment Closed: Jenglot Dan Mitos Yang Beredar Di Masyarakat

Sorry, comment are closed for this post.