Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Inilah Fungsi Sumber Hukum Islam Di Kehidupan Sehari-Hari

Inilah Fungsi Sumber Hukum Islam Di Kehidupan Sehari-Hari

(176 Views) July 29, 2017 3:12 am | Published by | Comments Off on Inilah Fungsi Sumber Hukum Islam Di Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, semuanya di atur oleh hukum yang berlaku. Begitu juga dalam kehidupan islam atau beragama. Ada hukum yang mengikat, mengatur dan memaksa untuk selalu mematuhinya. Hukum islam berdasarkan al quran dan hadist yang dipelajari secara turun temurun. Fungsi sumber hukum islam sangatlah banyak sekali. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas mengenai pengertian hukum islam. Apa saja sumbernya dan apa fungsinya.

Pengertian Hukum Islam

Pengertian hukum islam adalah tempat untuk menimba dan menemukan norma hukum yang berlaku. Ada dua sumber utama hukum islam yaitu al quran dan sunah. Selain itu ada ijma, ijihad dan qitas yang menjadi alat bantu dalam hukum islam yang terdapat di al quran dan sunah rasulullah SAW. Jadi bisa dikatakan kalau hukum islam merupakan kumpulan peraturan mengenai tingkah laku manusia yang diakui oleh masyarakat dan berlaku mengikat.

Sumber Hukum Islam

Sumber hukum islam ada banyak sekali. Tak hanya al quran dan hadist saja. Tapi juga ijtihad, ijma dan qiyas. Al quran berisi wahyu Allah SWT yang berisi pedoman hidup manusia. Semua masalah akidah atau keimanan, tertulis jelas di al quran. Sebagai umat islam, al quran menjadi sumber hukum wajib yang harus dipatuhi. Ada tiga hukum yang ada di dalam al quran. Ada hukum yang berkaitan dengan ibadah, berhubungan dengan amaliyah dan dengan akhlak. Semuanya tertulis jelas di dalam al quran.

Sumber yang kedua adalah al hadits. Hadits merupakan semua tingka laku dan perkataan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Semua hal diatur dengan jelas di dalam hadits. Hadist juga digunakan untuk memperkuat pernyataan hukum yang ada di alquran. Tapi tidak semua jenis hadits bisa kita percayai. Ada tiga jenis hadist yaitu hadits shohih yang berarti hadist yang dapat dipercaya. Lalu ada hadits hasan yang berarti hadits makbul yang dibuat untuk hukum yang tidak begitu penting. Ketiga ada hadits dhoif yaitu hadist yang tidak begitu bisa dipercaya kebenarannya.

Fungsi Sumber Hukum Islam

Lalu apa saja fungsi sumber hukum islam. Fungsinya sangat banyak sekali. Bisa sebagai fungsi ibadah, fungsi amar ma’ruf nahi munkar, fungsi zawajir, dan fungsi tanzhim wa islah al ummah. Tanpa adanya hukum islam di kehidupan sehari-hari, semuanya tidak bisa berjalan teratur sebagaimana mestinya. Allah SWT mengatur semuanya dengan benar dan tepat, supaya tercipta kehidupan yang damai dan tentram.

Bagi umat islam harus bisa mematuhi peraturan yang ada. Harus sesuai dengan tuntunan yang ada di Al quran dan hadist. Ini akan membantu kita hidup dengan lebih tenang dan damai. Ada hukum yang dianggap wajib dan sunah. Itulah sedikit informasi tentang fungsi sumber hukum islam. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

fungsi sumber hukum islam sangat banyak sekali, terutama untuk mengatur kehidupan manusia.

Comment Closed: Inilah Fungsi Sumber Hukum Islam Di Kehidupan Sehari-Hari

Sorry, comment are closed for this post.