Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Inilah Daftar Kerjaan Islam Tertua Di Indonesia

Inilah Daftar Kerjaan Islam Tertua Di Indonesia

(192 Views) July 28, 2017 3:12 am | Published by | Comments Off on Inilah Daftar Kerjaan Islam Tertua Di Indonesia

Indonesia dulu terdiri dari banyak kerajaan yang memimpin di setiap daerahnya. Menurut pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah. Kerajaan islam tertua di indonesia adalah kerjaan samudera pasai. Ternyata menurut beberapa sumber ada kerajaan yang lebih tua dibandingkan kerajaan samudera pasai. Kerajaan ini memang tidak ditulis dengan jelas di sejarah indonesia, karena bukti peninggalan sejarah yang belum begitu banyak. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa kerajaan islam tertua yang ada di indonesia.

Kerajaan Fansur

Kerajaan fansur atau kesultanan fansur termasuk kerajaan yang tertua di indonesia. Tetapi jejak catatan mengenai dinasiti ini memang tidak ada. Sehingga sedikit orang yang mengetahuinya. Dulunya daerah ini menjadi tempat yang penting untuk serikat dagang tamil. Dapat dilihat dari adanya prasasti Lobu Tua. Siapa sultan pertama di kerajaan ini juga tidak diketahui. Kerajaan fansur ini jatuh ke tangan kesultanan aceh.

Kerajaan Lamiri

Menurut beberapa sumber mengatakan kalau kerajaan lamiri didirikan oleh imigran asal sri langka. Dulunya kerajaan ini menjadi pusat pertukangan paling besar di asia tenggara. Kekuasaan kerajaan ini berakhir setelah dikuasai oleh rajendra chola. Akhirnya kerajaan lamiri menjadi pusat kedudukan gubernur chola di asia tenggara. Lokasinya kerajaan lamiri ini disekitar segitiga utara sumatera.

Kerajaan Haru

Kerajaan islam tertua di indonesia selanjutnya adalah kerajaan haru. Sampai saat ini belum ada keterangan yang jelas mengenai lokasi dan peninggalan kerajaan haru. Dulunya sultan haru adalah sepupu dari raja rokan yang memimpin daerah rao kabupaten pasaman sumatera barat. Dulunya kerajaan haru termasuk kerajaan besar di sumatera timur. Kekuasaannya dari perbatasan rokan sampai tamiang. Kesultanan kerajaan haru juga ditaklukkan oleh kerajaan aceh.

Kerajaan Perlak

Sultan perlak merupakan mertua dari sultan kerajaan pasai yang pertama. Dulunya kerjaan ini bisa mengadu pahlawan di kerajaan singapura. Memang tidak banyak cerita sejarah yang diceritakan pada kerajaan perlak ini. Runtuhnya kerajaan perlak terjadi karena pertarungkan antara perlak dan siam. Akhirnya kerajaan perlak kalah dan dipindahkan ke daerah kerajaan samudera.

Kerajaan Samudera

Kerajaan samudera ini termasuk negeri baru yang dibuat oleh marah silu. Marah silu merupakan orang asia tenggara pertama yang memiliki gelar sultan. Dia mendapatkan gelar sultan dari syarih makkah. Kemudian sultan malikus saleh mendirikan kerajaan pasai. Walaupun pernah ditaklukkan oleh majapahit dan siam, kerajaan pasai bersama dengan malaka dan haru pernah menjadi kerajaan terbesar di selat malaka. Kerajaan samudera pasai juga menjadi pusat penyebaran islam pertama kali di indonesia.sampai akhirnya dikuasai oleh portugis.

Itulah 5 kerajaan islam tertua di indonesia yang membantu menyebarkan agama islam di indonesia. Sampai akhirnya indonesia mulai di jajah oleh portugis, belanda dan jepang.

kerajaan islam tertua di indonesia tidak hanya samudera pasai saja, tetapi juga ada kerajaan yang lain.

Comment Closed: Inilah Daftar Kerjaan Islam Tertua Di Indonesia

Sorry, comment are closed for this post.