Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Yang Wajib Di Renungkan

Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Yang Wajib Di Renungkan

(147 Views) July 18, 2017 2:33 am | Published by | Comments Off on Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Yang Wajib Di Renungkan

Kematian adalah hal yang mesti terjadi pada manusia. Dalam islam ada kehidupan setelah mati. Manusia akan dibangkitkan dan hisap amal dan perbuatannya. Oleh karena itu jangan sampai melupakan kehidupan akhirat karena nanti semua amal dan ibadah akan di pertanggung jawabkan. Oleh karena itu penting ketika anda mendengarkan tentang Ceramah Agama Islam Tentang Kematian agar kita selalu waspada bahwa mati bisa kapan saja dan apa yang akan kita persiapkan saat kematian datang menjemput.

Isi Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Yang Menggugah

Ada banyak ceramah agama, tentunya ceramah agama tentang kematian bertujuan untuk mengingatkan agar kita berbuat baik, banyak beramal soleh untuk bekal ketika mati nanti, nah hal ini juga perlu diperhatikan. Dalam islam ceramah tentang kematian umumnya menjelaskan mengenai apa yang akan terjadi ketika seseorang mati.

Kejadian dan pembalasan seperti apa yang akan diterima seorang muslim ketika sudah mati atau berada di alam kubur. Sebelum hari akhir manusia mati berada di alam kubur. Sejak dalam alam kubur ini manusia juga akan menerima siksa atau anugerah atas amal yang dilakukan di dunia. Oleh karena itu dalam islam, amal ibadah ada yang disebut amal jariah dan tidak. Amal jariyah merupakan amal yang pahala senantiasa mengalir seperti memberi wakaf, berbakti pada orang tua dan anak yatim serta sodaqoh untuk syiar islam.

Ceramah Agama Islam Tentang Kematian biasanya berisi mengenai pertanyaan kubur. Jadi sebelum manusia dibangkitkan dan masuk ke alam kubur akan ada malaikat yang bertanya mengenai apa yang kita kerjakan di dunia. Bukan mulut yang akan menjawab namun anggota badan kita. Apa yang telah kita kerjakan anggota badan akan bersaksi sedangkan mulut kita tidak bisa berbicara. Kemudian malaikat akan memberikan catatan, malaikat rokib dan atid lah yang mencatat amal baik dan buruk kita. Bagi orang muslim yang beriman menjawab pertanyaan kubur tentu mudah karena semua anggota badannya telah bersaksi atas keyakinan dan akidahnya kepada Allah SWT.

Ceramah agama islam tentang kematian juga mengingatkan untuk hari akhir atau hari pembalasan. Hari itu merupakan hari kiamat dimana manusia akan dipertanggung jawabkan semua amal dan perbuatannya kemudian di hisab atau dihitung. Manusia yang berat timbangan amal kebaikannya akan masuk surga sedangkan yang berat timbangan amal buruknya akan masuk neraka. Hari akhir adalah hari dimana manusia mati dan bumi rusak sehingga manusia akan dibangkitkan dan diarak ke padang mashar atau padang penantian amal ibadah manusia. Oleh karena itu ceramah tentang kematian dalam islam selalu mengingatkan untuk bersiap siap menghadapi hari akhir dengan cara beramal soleh dan menjadi orang yang berbakti.

Ceramah Agama Islam Tentang Kematian berisi mengingatkan untuk beramal soleh, beramal jariyah dan mengingatkan untuk senantiasa ingat kepada Allah karena akan ada hari pembalasan.

Comment Closed: Ceramah Agama Islam Tentang Kematian Yang Wajib Di Renungkan

Sorry, comment are closed for this post.