Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kuliner » Begini Caranya Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi

Begini Caranya Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi

(877 Views) July 5, 2016 5:44 am | Published by | Comments Off on Begini Caranya Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi
opor ayam

Sumber: cosmopolitanfm.com

Perayaan Lebaran tak hanya identik dengan mudik dan baju baru, namun juga menu makanan khas. Apa menu khas keluarga Anda di hari Lebaran? Sebagian keluarga di Indonesia biasanya menjadikan ketupat dan opor ayam sebagai hidangan khas Lebaran.

Hidangan istimewa ini biasanya sudah dimasak sehari sebelum hari raya. Dikarenakan opor terbuat dari bersantan, maka mudah basi. Kali ini kami akan berbagi tips bagaimana caranya agar opor ayam tidak mudah basi.

Pilih kelapa tua dan masih segar

Untuk memasak opor yang tidak mudah basi, Anda harus memilih kelapa tua yang masih segar agar mendapatkan kualitas santan yang bail. Peras santannya dengan air panas atau cukup hangat untuk santan kental untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri. Begitu juga jika ingin mengambil santan cair, tapi cukup dengan air matang saja.

Masak hingga benar-benar tanak/masak

Ketika memasak opor, tumis bumbunya hingga matang setelah itu campurkan bahan-bahan lain. Biarkan opor mendidih dan kuahnya agak berkurang kurang lebih 10 menit lamanya agar santan benar-benar matang sehingga tak mudah basi.

Hangatkan sebelum disantap

Setiap sebelum disantap, sebaiknya hangatkan opor terlebih dahulu agar tidak mudah basi. Selain itu makan opor dalam keadaan hangat tentu lebih sedap.

Jangan diaduk setelah dihangatkan

Jika sudah tak ada keluarga yang ingin makan opor lagi, saatnya menghangatkan makanan. Dan untuk opor ayam, setelah dihangatkan hingga tanak, jangan diaduk lagi. Kontak dengan benda asing atau udara dari luar setelah dihangatkan justru membuat opor basi.

Jangan menutup panci setelah dihangatkan

Opor yang baru saja dihangatkan, jangan ditutup dengan rapat. Biarkan uap panas keluar agar tidak membuat opor cepat basi.

Simpan dalam kulkas

Apabila Anda akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, sebaiknya masukan opor ke dalam kulkas. Ketika Anda ingin memakannya lagi, keluarkan opor dari kulkas, diamkan pada suhu ruang. Setelah itu baru hangatkan kembali opor di atas kompor.

Sumber: Vemale.com

Comment Closed: Begini Caranya Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi

Sorry, comment are closed for this post.