Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » Bagaimana Wanita Tidak Menikah Menurut Islam?

Bagaimana Wanita Tidak Menikah Menurut Islam?

(349 Views) April 17, 2017 4:51 am | Published by | Comments Off on Bagaimana Wanita Tidak Menikah Menurut Islam?

Menikah memang sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh hampir semua orang di dunia ini baik dari agama islam maupun agama selain Islam. Pernikahan memang sesuatu bisa dikatakan menjadi kebutuhan bagi setiap orang baik pria maupun wanita. Selain itu, menikah merupakan salah satu solusi yang sangat tepat bagi manusia yang ingin mempertahankan keturunannya. Menikah juga sebagai bagian dari keberlangsungan hidup manusia. Namun demikian, ternyata tidak semua orang di dunia ini mempunyai kesempatan untuk menikah atau ditakdirkan oleh Allah untuk menikah. Hal tersebut karena cukup banyak pula baik pria ataupun wanita yang tetap membujang hingga akhir hayatnya. Jika laki-laki, sebagian dari kita mungkin pernah mendengar bahwa syaikul Islam, Ibnu Taimiyah, juga tidak menikah hingga akhir hayatnya. Namun bagaimana dengan wanita? Bagaimana jika wanita tidak menikah menurut islam? Berikut ialah ulasannya.

Boleh Bukan Berarti Dianjurkan

Jika pertanyaannya apakah boleh wanita tidak menikah? Maka jawabannya ialah boleh wanita tidak menikah menurut islam. Hal tersebut bisa dilihat dalam Surat Annur ayat 60 dimana dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa seorang wanita yang telah tua serta terhenti baik dari haid maupun mengandung boleh tidak untuk menikah. Namun demikian boleh bukan berarti tidak dianjurkan. Maksudnya disini ialah bahwa seorang wanita itu boleh untuk tidak menikah namun tentunya menikah merupakan pilihan yang terbaik baginya. Karena bagi seorang muslimah dengan menikah akan jauh lebih menenangkan dan menentramkan hati dari pada wanita yang tidak menikah. Selain itu, menikah juga akan memperbanyak umat Nabi Muhammad dimana kelak Nabi Muhammad akan berbangga bahwa jika kelak umatnya sangat banyak.

Kaitannya dengan wanita tidak menikah menurut islam, wanita sebenarnya punya hak untuk memilih tidak berkeluarga atau menikah akan tetapi jika seorang wanita tidak menikah maka ia telah melewatkan sejuta manfaat yang bisa diperoleh melalui pernikahan dan manfaat tersebut tidak hanya ketika di dunia saja namun juga di akhirat.

Bagi wanita yang tidak menikah, mungkin ia menganggap bahwa dengan kesendiriannya dia tidak akan direpotkan dengan hal-hal yang nantinya setelah menikah akan menjadi beban tanggung jawabnya. Memang wanita tidak menikah menurut islam itu boleh-boleh saja namun wanita tersebut juga akan memiliki konsekuensi tersendiri. Begitu juga dengan wanita yang memilih untuk menikah, mereka juga akan mempunyai konsekuensi tersendiri ketika mereka memutuskan menikah.

Memang menikah itu mempunyai manfaat beserta dengan resikonya dan hal tersebut tentunya sesuai dengan pilihan tersebut, bahkan semua pilihan yang ada di dunia ini pun juga mempunyai konsekuensi masing-masing. Salah satu konsekuensi yang akan ditanggung oleh seorang wanita ketika ia menikah ialah ia harus taat pada suami dan ia juga harus melayani segala keperluan suami. Tentunya hal tersebut, tentunya sangat berat bagi seorang wanita atau istri namun tentunya jika seorang wanita melakukannya dengan ikhlas maka pahala yang besar dari Allah akan menanti seorang wanita yang taat dan ikhlas melayani suaminya.

Selain itu, kaitannya dengan wanita tidak menikah menurut islam itu boleh dan mungkin akan terhindar dari konflik keluarga. Namun demikian ternyata bagi pasangan yang menikah dan terjadi konflik dalam keluarga dan disikapi secara benar maka itu akan menjadi penghapus dosa masing-masing pasangan. Begitu pula ketika seorang wanita hamil dan memiliki anak, tentunya akan sangat repot namun pahala Allah yang besar sudah menunggu bagi seorang ibu yang ikhlas mengurus anaknya.

Comment Closed: Bagaimana Wanita Tidak Menikah Menurut Islam?

Sorry, comment are closed for this post.