Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Alasan Dan Fakta Seseorang Memilih Agama Islam

Alasan Dan Fakta Seseorang Memilih Agama Islam

(120 Views) July 23, 2017 2:50 am | Published by | Comments Off on Alasan Dan Fakta Seseorang Memilih Agama Islam

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Jumlah ini memang cukup besar mengingat penduduk bangsa Indonesia juga cukup banyak. Namun, banyak masyarakat yang bertanya-tanya Mengapa Sebagian Besar Penduduk Indonesia Memeluk Agama Islam padahal agama cukup banyak dan tersebar di seluruh pelosok dan daerah. Namun agama Islam tetap menjadi agama yang banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Padahal setiap pemeluk agama tidak pernah dipaksa untuk memilih, mereka memilih agama berdasarkan hati mereka. Alasan mengapa banyak yang menganut agama Islam, berikut alasan sebenarnya dari masyarakat.

Alasan masyarakat memeluk agama Islam

Dalam agama Islam, masyarakat memang memilih ajaran agama yang tidak mengenal kasta. Dan ajaran Islam inilah yang cocok karena tidak mengenal akan kasta. Siapapun baik itu kulit hitam, kulit putih, kaya atau miskin tidak ada perbedaan. Yang menjadi perbedaan hanya ketaatannya dihadapan Tuhan yang Maha Esa. Hal inilah yang kemudian membuat agama Islam menjadi mudah diterima dimasyarakat.

Alasan kedua Mengapa Sebagian Besar Penduduk Indonesia Memeluk Agama Islam adalah karena didalam agama Islam diajarkan untuk hidup saling menghormati dan menghargai sesama manusia. Setiap orang memiliki hak hidup yang sama baik itu kaya ataupun miskin. Dalam agama Islam juga dituliskan jika derajat setiap orang sama dan tidak ada bedanya. Masyarakat juga memiliki kebebasan dalam hidup tetapi tetap mengikuti aturan yang ada dan tidak melanggar aturan tersebut. Hal-hal kebaikan semuanya diajarkan didalam ajaran Islam secara mendetail dan gamblang sehingga mudah untuk dipahami oleh setiap orang. Agama Islam adalah agama yang pertama kali menghapus perbudakan dan menekankan untuk memperlakukan manusia selayaknya seorang manusia.

Alasan selanjutnya adalah karena agama Islam agama yang tidak mengajarkan penjajahan. Hal ini memang dapat dilihat dari sejarah umat islam mas lampau yang tidak memiliki sejarah penjajahan. Agama islam juga tidak menghapus budaya lokal yang ada dimasyarakat. Hal inilah yang menjadi pertimbangan masyarakat karena mereka tidak harus menghapus semua budaya yang ada sejak jaman nenek moyang mereka dulu. Budaya sangat berbeda dengan kepercayaan. Misalkan saja dalam suatu daerah memiliki budaya sebar apem setiap tahunnya untuk mempertingati kelahiran desa mereka. Hal ini hanya untuk melestarikan budaya saja bukan untuk dikaitakn dengan hal-hal mistis. Sehingga masyarakat tetap bisa melakukan adat budaya mereka yang memang sudah ada sejak jaman dahulu tanpa mengurangi kepercayaan mereka terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Alasan selanjutnya adalah tidak ada batasan yang mengharuskan seseorang menganut agama ini. masyarakat tidak memiliki paksaan sama sekali karena sejatinya mereka yang sudah meyakini jika agama islam adalah agama mereka maka mereka percaya bahwa Tuhan itu Esa dan menjalani segala ketentuan yang berlaku dalam ajaran islam. Demikian alasan Mengapa Sebagian Besar Penduduk Indonesia Memeluk Agama Islam

agama islam adalah agama yang memberikan kebebasan umatnya untuk memilih dan menentukan kehidupannya di masa yang akan datang.

Comment Closed: Alasan Dan Fakta Seseorang Memilih Agama Islam

Sorry, comment are closed for this post.