Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Yuk Jalankan 10 Sunnah Ini Setiap Hari

Yuk Jalankan 10 Sunnah Ini Setiap Hari

(713 Views) October 21, 2015 1:51 pm | Published by | Comments Off on Yuk Jalankan 10 Sunnah Ini Setiap Hari

kisah-7-orang-miskin-yang-bersedekahSebagai umat Islam, wujud kecintaan kita kepada Rasulullah SAW diwujudkan dengan menjalankan sunnah-sunnah seperti yang telah beliau ajarkan. Ini tidak hanya akan membawa kita kepada kebahagian di dunia namun juga di akhirat kelak, insyaAllah. Berikut 10 sunnah Rasulullah yang bisa kita lakukan sehari-hari.

1. Tahajjud

Kemuliaan seorang muslim terletak pada sholat tahajjudnya. Karena dengan rutin melaksanakan sholat tahajjud insyaallah doa-doa kita akan mudah terkabul dan membuat jiwa dan raga kita semakin dekat kepada Allah SWT.

2. Membaca Al Qur’an setiap hari

Dengan membaca Al Qur’an setiap hari sesibuk apapun kita, bacalah Al Qur’an setiap hari. Karena ketika masa penghisaban kelak di akhirat, orang-orang yang rajin membaca Al Qur’an akan memperoleh syafaat darinya.

3. Berdzikir setelah shalat

Dari Abi Hurairah ra, Nabi saw bersabda: “Barangsiapa bertasbih/menyucikan Allah (subhanallah) setelah shalat (fardhu) 33 kali, dan bertahmid/memuji Allah (alhamdulillah) 33 kali, dan bertakbir/membesarkan Allah (Allahu Akbar) 33 kali, maka jumlahnya menjadi 99 kali. Kemudian mengucapkan 1 kali (Laailaha illallah wahdahu laasyarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa a’laa kulli syai’in qadir), niscaya diampuni kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim dan lain-lain)

4. Melaksanakan sholat sunnat rawatib

Muslim No. 728, akan dibangunkan rumah di syurga. Sholat sunnat rawatib amat besar kemuliaannya dan dijanjikan ganjaran yang besar apabila menunaikannya.

5.Membaca zikir pagi dan petang

“Dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (QS Al Araf: 205)

Faedah zikir pagi dan petang akan membuat kita lebih semangat di pagi hingga petang hari dan dimudahkan Allah dalam segala urusan.

6. Selalu sholat berjamaah di Masjid (terutama bagi laki-laki)

Rasulullah SAW bersabda : “Shalatnya seorang pria berjamaah pahalanya 25 derajat dibanding sendirian di rumah atau di pasar, yang demikian itu karena jika ia berwudhu dengan sempurna kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid, maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya, dan selama ia di majelis shalat tanpa hadats didoakan para malaikat, “Ya Allah, ampunilah ia dan rahmatilah ia”, dan dianggap mengerjakan shalat sepanjang ia menunggu waktu shalat” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Mengerjakan shalat Dhuha setiap hari

Seperti yang kita ketahui salah satu pintu rezeki terletak pada sholat dhuha. Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)

8. Bersedekah setiap hari

Allah menyukai orang yang suka bersedekah dan malaikat Allah akan selalu mendoakan kepada orang yang gemar bersedekah setiap hari. Insyaallah Allah akan membalasnya dengan berlipat ganda.

9. Menjaga wudhu setiap waktu

Keutamaan orang yang selalu menjaga wudhu disebutkan dalam hadits berikut tentang Bilal yang disebutkan bahwa suara sandal beliau sudah terdengar di surga.

Dari Abu Buraidah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam di pagi hari memanggil Bilal lalu berkata,

“Wahai Bilal, kenapa engkau mendahuluiku masuk surga? Aku tidaklah masuk surga sama sekali melainkan aku mendengar suara sendalmu di hadapanku. Aku memasuki surga di malam hari dan aku dengar suara sendalmu di hadapanku.”

“Wahai Rasulullah, aku biasa tidak meninggalkan shalat dua raka’at sedikit pun. Setiap kali aku berhadats, aku lantas berwudhu dan aku membebani diriku dengan shalat dua raka’at setelah itu.” (HR. Tirmidzi no. 3689 dan Ahmad 5: 354. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits tersebut hasan)

10. Beristigfar setiap hari

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka,”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad).

Dengan menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah tadi kita berharap kelak di padang mahsyar, Rasulullah dapat mengenali kita sebagai umat yang cinta padaNya. Aamiin.

Sumber: Ummi Online

Comment Closed: Yuk Jalankan 10 Sunnah Ini Setiap Hari

Sorry, comment are closed for this post.