Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Yuk Belajar Cara Mendidik Anak Seperti Yang Dicontohkan Rasulullah

Yuk Belajar Cara Mendidik Anak Seperti Yang Dicontohkan Rasulullah

(634 Views) February 16, 2016 4:47 pm | Published by | Comments Off on Yuk Belajar Cara Mendidik Anak Seperti Yang Dicontohkan Rasulullah

muslim parentingAnak merupakan titipan dari Allah Ta’ala yang bisa menjadi anugerah namun juga bisa menjadi fitnah bagi orang tuanya. Oleh karena itu para orang tua harus mendidik anak dengan cara yang tepat. Informasi mengenai cara mendidik anak saat ini mudah kita jumpai di buku atau artikel yang beredar di internet. Tak hanya itu berbagai seminar parenting saat ini juga sudah banyak diselenggarakan. Namun tahukah Anda bahwa Rasulullah sebagai teladan umat muslim telah memberikan panduan untuk para orang tua dalam mendidik anak.

Rasulullah mendidik anak berdasarkan usia mereka. Beliau membaginya dalam empat kelompok usia. Setiap kelompok usia memiliki penanganan dan cara mendidik yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

Usia 0 hingga 6 tahun

Pada masa ini, Rosululloh SAW menyuruh kita untuk mengasihi, memanjakan dan juga menyayangi anak dengan penuh kasih sayang yang tak terbatas. Usahakanlah untuk bersikap adil kepada anak Anda, entah anak sulung ataupun anak bungsu. Anda tidak boleh memukulnya meskipun dengan alasan untuk mendidiknya. Dengan begitu anak-anak pasti akan merasa bahwa Anda adalah bagian dari dirinya saat anak besar nanti. Anak akan merasa aman dalam meniti masa kecil mereka karena mereka tahu bahwa Anda selalu ada disampingnya di setiap masa.

Usia 7 hingga 14 tahun

Bila anak Anda sudah menginjak usia itu, yang perlu Anda lakukan adalah tanamkanlah pada diri anak Anda, sikap disiplin dan juga tanggung jawab. Menurut hadist dari Nabi Daud: Perintahkanlah anak kamu supaya mendirikan shalat ketika sudah berusia tujuh tahun dan pukullah mereka bila mereka meninggalkan shalat ketika berumur sepuluh tahun. Pukulan itu bukanlah untuk menyiksa mereka melainkan sekedar untuk mengingatkan mereka. Tapi jangan sampai Anda memukulnya dibagian muka karena muka adalah tempat penghormatan seseorang.

Usia 15 hingga 21 tahun

Inilah fase remaja datang, dimana anak akan sering memberontak Anda. Disaat seperti ini, Anda sebagai orang tua harus bisa mendekati anak Anda dengan berkawan dengannya. Sebagai orang tua, ada baiknya Anda sebagai pendengar setia anak Anda. Sehingga mereka tidak akan terpengaruh untuk keluar rumah mencari kesenangan yang lain.

Usia 21 tahun keatas

Inilah saatnya orang tua perlu memberikan sebuah kepercayaan kepada anaknya dengan memberikan kebebasan dalam membuat sebuah keputusan mereka sendiri. Sebagai orang tua, Anda hanya perlu menasehati, memantau dan juga mendoakannya agar setiap tindakan yang mereka ambil itu benar. Itulah beberapa cara mendidik anak ala Rosulullah.

Semoga kita bisa menerapkan apa yang diajarkan Rasulullah dalam mendidik anak-anak kita.

Sumber: Fastabiq

Comment Closed: Yuk Belajar Cara Mendidik Anak Seperti Yang Dicontohkan Rasulullah

Sorry, comment are closed for this post.