Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Waspadai 7 Gejala Pikun Ini

Waspadai 7 Gejala Pikun Ini

(518 Views) May 26, 2016 4:35 pm | Published by | Comments Off on Waspadai 7 Gejala Pikun Ini

pelupaDemensia atau yang lebih kita kenal dengan istilah pikun biasanya identik dengan penyakit orang tua yang sudah berusia lanjut. Namun tahukah Anda bahwa orang yang masih muda pun bisa mengalami kepikunan.

Penyakit pikun ini sebenarnya tidak datang secara tiba-tiba, ada gejala-gejala yang bisa manjadi sinyal terjadi turunnya fungsi otak ini. Gejala-gejala ini mungkin Anda abaikan atau malah tidak Anda sadari. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejala yang mendahului kepikunan.

Lupa mengingat jangka pendek

Orang dengan demensia umumnya mengingat kejadian-kejadian yang sudah lalu, namun tiba-tiba saja lupa apa yang baru saja dilakukan, misalnya 10 atau 30 menit yang lalu. Ini yang dimaksud kehilangan ingatan jangka pendek.

Kesulitan berkomunikasi

Beberapa orang mengalami kesulitan mengungkapkan kata-kata yang ada di pikirannya atau tiba-tiba lupa apa yang mau dikatakan. Terkadang juga mulai kehilangan kosakata yang sebenarnya umum dan sering digunakan.

Perubahan mood dan perasaan

Salah satu yang ekstrem dan sering diabaikan adalah perubahan emosi yang drastis. Orang dengan demensia biasanya jadi mudah tersinggung, marah, sedih dan sebagainya. Terkadang mereka menjauh karena sakit hati dengan omongan yang sebenarnya biasa saja.

Hilang semangat

Jika tiba-tiba orang kehilangan keinginan melakukan sesuatu, lebih suka malas-malasan dan tak minat melakukan aktivitas, bisa jadi ini gejala kepikunan.

Bingung

Jika orang mulai bingung selama mengerjakan hal-hal mudah, tak bisa memahami isi cerita dongeng anak-anak yang mudah atau gagal paham saat berbicara dengan seseorang, bisa jadi ini tanda demensia.

Mengulang hal yang sudah dilakukan

Hal ini sering terjadi pada orang dengan demensia atau pikun. Mereka cenderung akan mengulangi apa yang baru saja mereka kerjakan, karena mereka pikir belum melakukannya. Terkadang mereka juga akan membicarakan hal sama berulang kali padahal mereka baru saja mengatakannya 5 menit yang lalu.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala ini lebih baik Anda segera menemui dokter ahli untuk segera mendapatkan pengobatan atau solusinya.

Sumber: vemale.com

 

Categorised in: ,

Comment Closed: Waspadai 7 Gejala Pikun Ini

Sorry, comment are closed for this post.