Menu Click to open Menus
Home » Kisah » Renungan » Wajib Baca! Ini Cara Membedakan Antara Ujian dan Azab

Wajib Baca! Ini Cara Membedakan Antara Ujian dan Azab

(642 Views) September 7, 2015 2:56 pm | Published by | Comments Off on Wajib Baca! Ini Cara Membedakan Antara Ujian dan Azab

Ada disaat saat kita merenung dan berpikir mengenai ujian serta azab yang ditimpakan kepada manusia. Tidak sedikit dari kita yang mungkin belum memahami dan bertanya-tanya, “apa kiranya yang membedakan ujian dan azab?” karena keduanya terkadang datang dalam bentuk yang sama.

Ujian dan Azab

  • Ujian

Ujian selalu identik dengan sesuatu yang berat dan sulit untuk dilawati. Namun, Siapa sangka, ternyata ujian tidak hanya berupa musibah atau peringatan, melainkan juga bisa berupa kenikmatan.

Di dalam Al-Qur’an Surah Al-Anbiya Ayat 35 Allah berfirman yang artinya,

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan.”

Tidak sulit untuk mengetahui bahwa musibah yang datang kepada kita saat kita berusaha untuk berada di jalur yang benar atau di jalan yang lurus sebagai sebuah ujian. Namun, seperti yang kita tahu bahwa tidak sedikit dari kita juga yang tidak bisa mengenali ujian saat turun dalam bentuk kenikmatan. Entah itu berupa wajah yang cantik dan rupawan, harta yang berlimpah, atau suara yang merdu. Banyak orang yang menganggapnya sebagai anugerah namun tidak sedikit juga yang menganggapnya sebagai ujian.

Ujian yang berupa musibah adalah teguran yang mengharuskan setiap orang untuk kembali berpegang di tali Allah dan berada di jalan yang lurus.
Sedangkan ujian yang berupa kenikmatan bisa di lewati hanya dengan pandai bersyukur. Pandai bersyukur bukan hanya mengucapkan “alhamdulillah,” namun, setidaknya kenikmatan tersebut harus bisa bermanfaat untuk sesama manusia dan juga untuk kebaikan akhirat.
Satu contoh, apabila kita memiliki suara yang merdu, kita bisa saja terjebak menjadi penyanyi yang menyebar kemusyrikan dengan melantunkan lagu seperti,

“tak ada cinta yang lain
Pastinya cintaku hanya untukmu…”

Dan masih banyak lagu-lagu serupa yang menyebabkan kita melupakan Allah dan menjadikannya sebagai cinta yang kesekian dan sekian. Na’uzubillah…

Lalu bagaimana dengan harta? Harta adalah sesuatu yang paling sering membuat orang terlena. Satu contoh saat kita memiliki banyak harta dan ingin membangun rumah. Terkadang kita sibuk dan rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membuat ornamen, menghias rumah, dan membangun yang besar, padahal kita hanya menempatinya tidak lebih dari sekian puluh tahun saja. Di dalam Al-Qur’an Allah Ta’ala berfirman.

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَ يُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَۙ

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka.”
[qs. Al-baqarah: ayat 3]

Orang yang bertaqwa yaitu orang yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat dan, menafkahkan sebagian rezeki.
Jika kita perhatikan arti ayat terakhir, menafkahkan “sebagian” rezeki tentu tidak bisa diartikan menafkahkan “sedikit” rezeki. Anda pasti sudah tahu apa yang dimaksudkan dengan “sebagian.”

  • Azab

Apabila kita berada didalam kemungkaran, sering bermaksiat kepada Allah, maka semua musibah sudah pasti adalah azab. Ada yang menyadarinya dan kemudian bertobat, dan sebaliknya ada juga yang justru semakin durhaka.
Allah berfirman di dalam Al-Qur’an surah An-nisa Ayat 79 yang artinya,

“Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.”

Wabillahi taufik wal hidayah. Wallahu a’lam bishowab.

Comment Closed: Wajib Baca! Ini Cara Membedakan Antara Ujian dan Azab

Sorry, comment are closed for this post.