Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Ucapan Duka Cita Dalam Pandangan Islam

Ucapan Duka Cita Dalam Pandangan Islam

(46 Views) June 29, 2017 7:21 am | Published by | Comments Off on Ucapan Duka Cita Dalam Pandangan Islam

Ucapan duka cita atau belasungkawa adalah ucapan yang diperuntukkan bagi mereka yang sedang berduka cita karena ditinggal mati oleh salah satu anggota keluarganya. Ucapan duka cita ini memiliki makna turut berduka cita pada mereka yang ditimpa musibah. Musibah adalah sesuatu yang pasti menghampiri setiap manusia dan untuk membuat mereka yang mengalami musibah menjadi lebih tenang, maka tidak ada salahnya jika kita mengucapkan ucapan duka cita islam agar hati mereka tetap kuat dan tabah dalam menghadapi musibah yang dialaminya.

Ucapan kata-kata duka cita Islam adalah salah satu bentuk ucapan ummat islam terhadap saudara sesama islam yang menunjukkan arti keikut sertaannya merasakan kesedihan yang dialami oleh mereka yang ditimpa musibah. Ucapan turut berduka cita bertujuan juga untuk mendoakan almarhum atau almarhumah agar almarhum atau almarhumah diterima segala amal ibadahnya dan diampuni segala dosa-dosanya serta ditempatkan ditempat yang layak di sisi Allah. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa ucapan duka cita islam itu adalah ucapan yang sangat baik dan sangat bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan maupun bagi orang yang meninggal dunia.

Adapun ucapan duka cita dalam pandangan Islam merupakan suatu ucapan atas rasa simpati kita terhadap sesama saudara seagama Islam. Ucapan duka cita dapat disampaikan lewat sebuah kartu ucapan jika kita tidak bisa mendatangi kediaman kerabat yang berduka dikarenakan kita berada di tempat yang jauh. Untuk kata-kata ucapan duka cita atau bela sungkawa islam yang dapat dikirimkan ke tempat kerabat yang berduka misalnya “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, sesungguhnya semua yang bernyawa itu akan mati. Oleh karena itu, relakanlah kepergiannya dan tetaplah tabah”. Ucapan duka cita tersebut memang singkat, namun mengandung banyak makna dan diantara salah satu maknanya yaitu mengingatkan kita bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara.

Dalam Islam, mengucapkan kata-kata duka cita sangat dianjurkan dalam rangka memberikan semangat hidup bagi mereka yang berduka. Selain itu, ucapan tersebut juga akan menjadikan mereka ikhlas melepaskan kepergian orang yang dicintainya. Ucapan duka cita dalam pandangan Islam menjadi suatu ucapan yang sangat baik karena disamping sebagai rasa keikut sertaan merasakan kesediahan dan sebagai pensupport bagi orang yang berduka, kata-kata ucapan duka cita juga menjadi pengingat kepada kita semua bahwa suatu saat nanti kita juga akan kembali kepada sang pencipta dan tak akan kembali ke dunia ini lagi.

Mengucapkan atau mengirimkan kata-kata ucapan duka cita islamdijadikan sebagai salah satu cara mensupport keluarga yang ditinggal mati karena pada kata-kata duka cita terselip kalimat yang dapat menenangkan hati orang-orang yang berduka. Oleh karena itu, ucapkanlah kata-kata duka cita kepada kerabat yang berduka karena mereka pasti membutuhkannya.

Ucapan duka cita Islam merupakan ucapan yang berfungsi sebagai bentuk keikut sertaan berduka cita dan sekaligus sebagai pengingat bahwa kita juga akan mati.

Comment Closed: Ucapan Duka Cita Dalam Pandangan Islam

Sorry, comment are closed for this post.