Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pendidikan Anak » Tips Trik Dalam Menetapkan Aturan Untuk Anak

Tips Trik Dalam Menetapkan Aturan Untuk Anak

(1459 Views) February 24, 2014 10:20 am | Published by | No comment

Dalam menetapkan aturan, sebaiknya orang tua mempertimbangkan kemampuan dan keinginan anak sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan yang tepat untuk anak. Berikut ini adalah tips dalam menetapkan aturan yang baik bersama anak.

Tips Trik Dalam Menetapkan Aturan Untuk Anak

1. Gunakan basa yang mudah dipahami anak.
Kemampuan anak untuk berpikir abstrak memang masih terus berkembang seiring pertambahan usianya. Namun, hal ini bukanlah penghalang bagi orang tua untuk membiasakan anak terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam keluarga. Langkah awal dalam melatih anak membuat keputusan dapat dilakukan dengan menanyakan bagaimana pendapat dan perasaanya tentang suatu hal. Untuk itu, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan sesuai dengan perkembangan pemahamannya.

2. Melatih anak memutuskan hal-hal kecil dalam hidupnya
Orang tua yang bijak sebaiknya melibatkan anak dalam mengambil keputusan. Hal ini dapat membuat anak merasa dihargai pendapatnya dan merasa diakui keberadaanya sebagai individu. Anda dapat memulainya dengan meminta anak memutuskan menu makan malam, film yang akan ditontonnya, dan sebagainya. Dengan demikian, anak dapat merasa bahwa dirinya dilibatkan dalam pengambilan keputusan dalam keluarga.

3. Berilah dukungan kepada anak
Dukungan orang tua kepada anak untuk belajar mengambil keputusan merupakan hal yang penting. Berilah kepercayaan kepada anak untuk memutuskan keinginannya. Meskipun demikian, panduan dan bimbingan anda sangat diperlukan anak dalam mengambil keputusan. Kebebasan anak untuk memutuskan keinginannya bukan berarti anda melepas anak begitu saja. Anda tetap berkewajiban sebagai orang tua untuk mengarahkannya sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk dirinya.

No comment for Tips Trik Dalam Menetapkan Aturan Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.