Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Tips Mudah Bangun Malam Untuk Shalat Tahajud

Tips Mudah Bangun Malam Untuk Shalat Tahajud

(2335 Views) October 14, 2015 9:54 am | Published by | Comments Off on Tips Mudah Bangun Malam Untuk Shalat Tahajud

wanita-shalat-ilustrasi-googleplus

Persoalan hidup yang kian sulit, hutang yang melilit, jodoh yang tak kunjung tiba, buah hati yang masih dalam penantian, penyakit yang tak juga sembuh, sering menjadikan manusia terjerumus dalam keputusasaan. Tak jarang yang menyerah dan memilih cara-cara yang jauh dari ridho Allah Ta’ala.

Setiap persoalan hidup yang hadir pada dasarnya semua datang dari Allah Ta’ala. Namun sering kali kita lupa dan malah menjadikan orang lain sebagai tumpuan harapan untuk menyelesaikan masalah kita. Ketika kita sudah tidak lagi bersandar pada orang lain, barulah kita datang kepada Allah Ta’ala.

Datang dan berdoalah pada Allah Ta’ala untuk mengadukan seluruh persoalan kita dan memohon pertolongan Allah Ta’ala untuk menyelesaikannya. di sepertiga malam dengan Shalat Tahajud.

“Dan pada sebagian malam hari maka shalat tahajjudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’/17: 79).

Bangun di sepertiga malam untuk Shalat Tahajud memanglah bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa. Namun disitulah letak keistimewaan dan kesungguhan seorang hamba memohon pertolongan Tuhannya.

Bagi Anda yang belum terbiasa, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan diri bangun di sepertiga malam untuk Shalat Tahajud.

  1. Kuatkan dan luruskan niat
  2. Tidur di awal waktu
  3. Melakukan amalan sebelum tidur seperti menutup pintu, bejana, mematikan api, lampu, melantunkan dzikir sebelum tidur dan berbaring ke kanan.
  4. Tidur siang jika memungkinkan
  5. Tidak makan terlalu kenyang
  6. Aktifkan alarm di jam atau handphone
  7. Mengajak keluarga untuk Shalat Tahajud agar bisa saling mengingatkan.
  8. Paksakan tubuh kita untuk selalu melaksanakannya
  9. Konsisten

Semoga Allah Ta’ala selalu memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita untuk senantiasa beribadah kepadaNya. Aamiin.

Sumber: Ummi Online

Incoming search terms:

Comment Closed: Tips Mudah Bangun Malam Untuk Shalat Tahajud

Sorry, comment are closed for this post.