Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Tips Menggunakan Uang THR Dengan Bijak

Tips Menggunakan Uang THR Dengan Bijak

(650 Views) June 24, 2016 9:39 am | Published by | Comments Off on Tips Menggunakan Uang THR Dengan Bijak

THRBagi para pekerja, dua minggu menjelang lebaran merupakan waktu yang dinanti-nantikan karena inilah saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Berbeda dengan gaji, THR masuk ke dalam kategori bonus. Karena ‘mindset’ bonus ini maka tak jarang kita menghabiskan uang THR hanya untuk berbelanja keperluan lebaran.

Tidak ada yang salah memang menghabiskan uang THR untuk berhari raya sesuai dengan namanya Tunjangan Hari Raya. Namun mungkin Anda perlu mengelola dengan bijak agar tidak terjerumus pada pemborosan. Berikut ini kami hadirkan tips untuk mengelola uang THR Anda.

Tunaikan Zakat Dan Sedekah

Sebelum membelanjakan uang Anda untuk keperluan hari raya, ada baiknya Anda tunaikan dulu kewajiban zakat Anda, baik zakat fitrah, zakat maal dan sedekah lainnya untuk berbagi kebahagiaan dengan saudara Muslim lainnya. Anda bisa alokasikan uang THR Anda sebesar 5%-10% untuk keperluan ini.

Belanjakan Untuk Kebutuhan Hari Raya

Prioritas selanjutnya adalah untuk keperluan lebaran, seperti membeli tiket mudik, baju baru, kue-kue dan juga menyiapkan THR untuk saudara-saudara di kampung. Anda bisa gunakan sebagian besar uang THR Anda untuk keperluan ini.

Sisihkan Untuk Bayar Hutang Atau Dana Darurat

Jika Anda memiliki hutang, ada baiknya Anda gunakan sebagian THR Anda untuk melunasi hutang. Ini sangat membantu Anda di bulan-bulan berikutnya, jadi Anda tidak perlu mengalokasikan gaji Anda untuk membayar hutang lagi. ApabilaAnda tidak punya hutang, Anda bisa menyisihkan uang THR Anda untuk dana darurat apabila ada kebutuhan mendesak di waktu yang akan datang. And bisa sisihkan sekitar 15% dari THR Anda.

Sisihkan Untuk Tabungan Dan Investasi

Apabila tiap bulan Anda sulit sekali menyisihkan gaji Anda untuk menabung, THR merupakan sumber pendapatan yang bisa Anda alokasikan sebagian untuk tabungan atau investasi Anda. Sisihakn 10% s/d 15% THR Anda untuk tabungan atau investasi.

Semoga 4 tips tadi dapat menginspirasi Anda untuk mengelola uang THR Anda dengan cerdas dan bijak.

Comment Closed: Tips Menggunakan Uang THR Dengan Bijak

Sorry, comment are closed for this post.