Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Islami

Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Islami

(972 Views) August 8, 2015 4:19 am | Published by | Comments Off on Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Islami

Setiap orang yang masih sendiri pasti menantikan datangnya moment ini. Pernikahan adalah salah satu moment terbesar dalam kehidupan manusia. Dan saat waktu itu datang, sudah bisa dipastikan akan ada banyak sekali persiapan yang dilakukan. Dari yang kecil sampai yang besar, dari yang sederhana sampai yang paling rumit. Namun, sebelum itu, sudah tahukah kita apa sebenarnya tujuan diadakannya pernikahan dalam islam itu apa?

Banyak yang melupakan tujuan menikah sebenarnya karena beberapa sebab termasuk cinta, tradisi dan kemajuan jaman. Selain menjaga akhlak dan membentengi diri dari perbuatan zina, pernikahan dalam islam juga bertujuan untuk memperoleh keturuan-keturunan salih yang akan menegakkan agama Allah.

Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Islami

Dan berikut adalah beberapa tips dalam mempersiapkan pernikahan yang islami:

  • Undangan pernikahan islam

Sudah pasti setiap pernikahan membutuhkan undangan untuk memberitahukan kepada khalayak umum seperti kerabat dan sahabat. Saat ini, undangan pernikahan semakin banyak saja macam dan modelnya. Undangan pernikahan yang baik menurut islam adalah undangan yang sederhana tanpa disertai foto calon pengantin. Alasannya tentu saja, diantara keduanya belum terjadi ikatan secara sah dan belum menjadi muhrimnya.

Sahabat Hijabnesia pasti sudah sering kan menemui undangan pernikahan unik yang disertai foto calon pengantinnya. Ada yang berupa gambar kartun bahkan ada yang terang-terangan melakukan sesi pemotretan prewed untuk membuat undangan. Niat banget ya, tapi percayalah.. Dalam islam tidak ada bentuk undangan yang seperti itu. Sederhana namun jelas maksudnya, itu yang jauh lebih penting.

  • Baju Pengantin

Baju pengantin merupakan hal penting yang juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kita memakai baju yang tidak syar’i, apalagi tidak memakai jilbab. Jika sahabat Hijabnesia berencana untuk menyewa Wedding Organizer, jeli memilih tempat persewaan juga sangat diperhatikan. Bila perlu, Andalah yang menentukan pakaian apa yang akan anda kenakan, dan bagaimana model jilbabnya nanti.

  • Mahar dan Tempat nikah

Bagi calon mempelai pria, mempersiapkan mahar yang diminta oleh calon istrinya adalah kewajiban. Selain itu, tempat pernikahan juga harus diputuskan, apa itu di masjid, rumah atau KUA. Jangan sampai waktu hari H tiba, eh.. Pak Penghulu yang ada di kantor KUA setempat sedang sibuk, ketunda donk nikahnya hehe. Tidak ingin kan.. hal-hal seperti itu terjadi.

  • Persiapan Mental

Yang terakhir adalah, persiapan yang sangat penting yaitu persiapan mental.

Hampir tidak ada tradisi pernikahan dalam islam, jadi tidak begitu banyak hal-hal yang harus ada kecuali itu adalah permintaan orang tua. Kebanyakan orang tua mungkin akan menyarankan ini dan itu, bahkan mereka yang akan mengatur semuanya. Tapi ingat satu hal, jika sahabat Hijabnesia memiliki masukan, tidak ada salahnya untuk mengajukan beberapa permintaan terkait pernikahan yang islami itu seperti apa.

Pasalnya, masih banyak orang tua yang menganut tradisi dari nenek moyangnya. Jika keputusan mereka tidak bisa berubah, ingat, niat kita hanyalah menghormati orang tua, bukan ikut meyakini hal-hal yang berbau tradisi yang jauh dari nilai-nilai islami. Akan sangat beruntung bagi mereka yang orang tuanya mengerti bagaimana pernikahan islam itu dilakukan.

Beberapa hal untuk mempersiapkan mental diri sebelum menikah berupa:

  1. Memperbaiki niat menikah, yaitu hanya karena Allah dan mengharap ridhonya
  2. Menikah karena Allah
  3. Serta selalu memperbaiki diri dan lapang dada

Sederhanakan pernikahanmu, InsyaAllah ada banyak barokah yang akan didapatkan. Aamiin..

Comment Closed: Tips Mempersiapkan Pernikahan Yang Islami

Sorry, comment are closed for this post.