Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Sahur

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Sahur

(629 Views) June 5, 2016 11:10 am | Published by | Comments Off on Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Sahur

makansahur-640x385Sahur merupakan sunnah pada bulan suci Ramadhan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini seperti yang tercantum dalam hadits muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Tak hanya mengandung keberkahan di dalamnya, sahur juga dapat membuat tubuh Anda lebih kuat ketika berpusa. Lantas makanan seperti apa yang baik dimakan ketika sahur? Berikut ini tips yang mungkin bisa Anda jadikan panduan ketika mempersiapkan makanan sahur untuk keluarga.

  1. Utamakan konsumsi segelas air putih. Minumlah dalam porsi yang cukup. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Selama puasa di tengah hari, tubuh akan berada dalam kondisi kehilangan cairan. Memaksimalkan konsumsi air di waktu sahur akan meminimalkan bahaya dehidrasi
  2. Sediakan satu porsi menu buah-buahan yang mengandung elektrolit dan berserat tinggi. Berfungsi untuk memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.
  3. Hindari makanan yang mengandung lemak dan pedas. Karena makanan berkategori buruk tersebut justru membuat pencernaan terganggu.
  4. Maksimalkan konsumsi zat besi. Karena saat puasa zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkuangya pasokan sel darah merah dalam tubuh. Imbasnya tubuh akan cepat lemas, kantuk pun datang karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tak bisa maksimal mencapai otak.
  5. Pilih konsumsi makanan berkabohidrat kompleks, nasi merah jelas lebih baik daripada nasi putih. Roti gandum adalah pilihan tepat daripada roti putih. Karbohidrat kompleks akan membuat kadar gula dalam darah stabil selama puasa seharian.
  6. Bijak dalam mengonsumsi makanan manis dari elemen gula pasir. Karena makanan manis dari gula pasir akan membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga tubuh akan meresponsnya dengan rasa lapar karena tubuh butuh asupan energi baru untuk dicerna. Pilih pemanis alami seperti gula aren atau madu sebagai pengganti gula pasir.
  7. Pilih konsumsi lauk yang kaya akan protein nabati dan hewani. Tempe, tahu, kacang-kacangan, daging ayam, daging sapi, atau ikan adalah pilihan terbaik menemani santap sahur Anda.
  8. Sempurnakan dengan susu atau menu pelengkap lain sebagai pencuci mulut seperti pisang, jeruk, atau kacang almond. Ketiga makanan tersebut memiliki kandungan magnessium yang baik untuk membantu memproduksi energi sepanjang hari.

Sumber: Blog ACT

Comment Closed: Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Sahur

Sorry, comment are closed for this post.