Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Tips Memberi Nama Bayi Laki Laki Dalam Islam

Tips Memberi Nama Bayi Laki Laki Dalam Islam

(32 Views) July 14, 2017 1:56 am | Published by | Comments Off on Tips Memberi Nama Bayi Laki Laki Dalam Islam

Anak adalah anugerah yang diberikan tuhan kepada kita. Oleh karena itu memberikan yang terbaik kepada anak tentu menjadi kewajiban bagi para orang tua. Dalam islam orang tua memiliki kewajiban kepada anaknya salah satunya adalah dengan memberikan nama. Nah jika anda memiliki bayi laki laki kira kira nama apakah yang baik untuk anak anda ? nah berikut ini kami berikan panduan dan tips untuk memberi nama bayi laki laki dalam islam yang baik dan benar.

Aturan Memberi Nama Bayi Laki Laki Dalam Islam

Aturan memberikan nama bayi laki laki dalam islam pada dasarnya adalah sebuah kewajiban yang tidak ada hukumnya. Namun sebaiknya orang tua tentu memberikan nama yang baik untuk anak-anaknya. Baik laki laki atau perempuan. Oleh karena itu rosul menganjurkan untuk memberi nama sesuai dengan beberapa sunnah yang beliau sampaikan. Pertama untuk memberi nama seorang anak wajib menggunakan nama yang berarti karate yang baik, unggul dan juga memiliki arti dan nilai yang mulia.

Selain itu nama bayi laki laki dalam islam sebaiknya memiliki aritan atau disusun dari bahasa yang baik. Oleh karena itu sebaiknya diberikan nama sesuai dengan nama yang tidak menghamba kepada selain allah. Nama yang dilarang misalnya adalah nama abdul uzza, abdurl qmaar atau nama lainnya yang artinya adalah berhala yang disembah selain kepada allah. Hal ini seusai dengan hadis nabi yang diriwayatkan oleh hani bin zaid bahwa suatu saat rosullullah ada yang bertemu rosul dan kemudian nabi bertanya siapa namanya kemudian menjawab abdul hajar namun kemudian beliau bersabda bahwa tak ada nama seperti namanya adalah Abdullah atau hamba allah.

Saat memberi nama bayi laki laki dalam islam Hindari pula nama nama yang justru memberikan gelar superior kepada mahluk ciptaan Allah. Misalnya malikul malik atau raja di raja hakimul hakkam atau hakim dari segala hakim dan nama nama lainnya yang justru membuat nama tersebut seolah-olah tiada duanya dan superior. Penggunaan nama seperti ini di larang dalam islam. Karena semua gelar-gelar tersebut hanya milik Allah SWT semata.

Aturan pemberian nama bayi laki laki dalam islam yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memberikan nama yang baik seperti nama nama Asmaul Husna seperti menggunakan nama nama pemurah, penyayang tanpa menggunakan kata maha. Lalu bagaimana dengan nama-nama yang dibuat dari orang barat seperti jhon atau nama lainnya ? Nama-nama tersebut tentu merujuk pada akara budaya sehingga sebaiknya jika anda muslim maka menggunakan nama yang baik baik dari tradisi muslim. Jika anda menggunakan nama nama dari tradisi barat atau nama yang Indonesia asal anda tahu betul makna dari nama tersebut tentu tidaklah dilarang.

nama bayi laki laki dalam islam sebaiknya diberikan dengan menggunakan nama atau istilah yang baik yang tidak merujuk pada kekuasaan allah, setan atau berhala.

Comment Closed: Tips Memberi Nama Bayi Laki Laki Dalam Islam

Sorry, comment are closed for this post.