Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Tips Melatih Kesabaran Dalam Mendidik Anak

Tips Melatih Kesabaran Dalam Mendidik Anak

(759 Views) August 19, 2015 2:14 pm | Published by | Comments Off on Tips Melatih Kesabaran Dalam Mendidik Anak

Siapa yang bisa memahami batita kalau tidak mengenal kebiasaan yang dilakukannya. Begitu banyak pelajaran yang saya ambil dari mengawasi anak saya Kinza akhir-akhir ini. Kemaren, saya sempat sangat menyesal karena waktu cuci piring, si dia ikut-ikut mainan air, kemudian saya sedikit membentaknya. Ah.. bagaimana bisa saya seperti itu. Dihari berikutnya, saya menemukan solusi bagaimana cara saya membiarkan anak saya tetap senang dan tidak menggangu saya cuci piring. Akhirnya, saya biarkan dia bermain air, malah saya beri dia fasilitas spon dan sabun  :D.

Sibuk memang, tapi itulah yang bisa saya berikan untuk anak saya agar dia bahagia. Beberapa orang tua mungkin tidak mengerti atau belum tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar. Tidak sedikit dari mereka selalu memarahi anaknya yang masih belum tahu apa-apa. Tidak diperbolehkan ini dan itu, dilarang ini dan itu. Lalu, bagaimana dia belajar jika rasa ingin tahunya dibatasi karena keegoisan kita sebagai orang tua yang merasa ngerti dan tau banyak hal. Bunda.. anak kita masih balita, belum tahu dan masih selalu mencoba hal-hal baru. Dia belum tahu bahaya, belum ngerti kotor. Yang dia tau, dia ingin mencoba banyak hal.

Dan berikut adalah beberapa tips menjadi seorang ibu yang sabar dalam mendidik dan  memahami anaknya:

  • Beri kesempatan

Siapapun akan senang diberi kesempatan oleh orang lain bukan? Pada dasarnya, apa yang menjadi sikap anak adalah cerminan dari orang tuanya. Jika kita tidak memberinya kesempatan untuk belajar dengan imajinasinya, dari mana ia akan pandai dan kreatif.

  • Berkaca diri

Sebagai orang tua yang baik, mengumpamakan diri sebagai sang anak akan jauh lebih mudah dari pada harus repot-repot memarahinya. Ingat bunda sahabat hijabnesia, mereka belum tau apa yang mereka lakukan dan kemarah bunda akan membuatnya belajar untuk marah dalam menyikapi banyak hal. Mau anaknya menjadi seorang pemarah? tentu tidak kan.

  • Mengalah

Alasan sebenarnya mengapa seorang ibu memarahi anaknya dan tidak dapat membendung emosinya saat anak mereka bermain dengan hal-hal yang misalnya kotor dan berantakan adalah, sang ibu tidak mau mengalah. Mau mengalah untuk membereskan bekas mainan dan kreatifitas anak, mau mengalah untuk nyuci baju mereka dengan extra karena bekas kotoran. Dan mau mengalah untuk rela mengepel lantai karena tumpahan makanan atau minuman. Masak, kita gak mau ngalah bunda sama anak sendiri. Biarkan dia belajar dengan caranya.

  • Mendukung dan memahami

Seperti kasus saya yang diatas, mendukung dan memahami anak jauh lebih bijak dari pada memarahi mereka. Membiasakan diri dengan mendukung setiap aktifitas baik yang mereka kerjakan, akan membuat anak menjadi seorang yang berani dan percaya diri.

  • Banyak membaca

Perbanyaklah membaca tips-tips menjadi orang tua yang baik dan benar serta cara mengolah kesabaran juga harus sering bunda lakukan. Pasalnya, dengan mempelajari tata cara mendidik anak yang benar, kita akan tahu bahwa ada banyak kesalahan yang harus segera diperbaiki. Selain itu, mengikuti page facebook yang mengajarkan tentang parenting juga akan sangat membantu dan memberikan banyak motivasi dalam mendidik anak.

  • Kembalikan semua kepada Allah

Selalu mengingat dan mengembalikan semua urusan kepada Allah  bahwa anak adalah titipan dari Allah yang harus dijaga dan dididik dengan baik juga merupakan pilihan terbaik dalam melatih kesabaran sebagai seorang ibu dalam mengasuh anaknya.

Comment Closed: Tips Melatih Kesabaran Dalam Mendidik Anak

Sorry, comment are closed for this post.