Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kesehatan » Tips Agar Terhindar Dari Infeksi Masa Nifas

Tips Agar Terhindar Dari Infeksi Masa Nifas

(1177 Views) February 21, 2014 9:52 am | Published by | No comment

Masa nifas adalah masa pemulihan atau masa dimana organ-organ reproduksi kembali sempurna. Periode ini umumnya berlangsung selama 40 hari setelah melahirkan. Namun infeksi bisa terjadi pada masa tersebut. Penyebabnya paling banyak adalah karena koloni bakteri.

Tips Agar Terhindar Dari Infeksi Masa Nifas

Menurut ahli kebidanan dan kandungan dari klinik Yasmin RSCM Kencana Jakarta, Dr. Marly Susanti Sp.OG, infeksi adalah gambaran umum dimana adanya suatu jaringan yang mengeluarkan nanah, menimbulkan bau dan kemerahan yang bisa terjadi di mana saja, dan salah satunya adalah di organ reproduksi. Sedangkan untuk infeksi pada organ reproduksi ini titandai juga dengan keluarnya cairan dari vagina yang berbau, leukosit darah yang meningkat pada pemeriksaan laboratorium, menimbulkan demam dan disertai dengan pendarahan.

Nah kembali ke masa nifas, meskipun proses persalina sudah dilalaui ibu dengan normal, namun dirinya harus menghadapi masa nifas yang memerlukan perhatian. Karena masa nifas yang tidak diperhatikan dan dirawat bisa menimbulkan infeksi yang serius. Berikut ini tips-tips agar para ibu bisa terhindar dari infeksi masa nifas, sehingga bisa optimal dalam mengurus si buah hati tanpa dipusingkan oleh penyakit baru.

  • Lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala di pusat pelayanan kesehatan.
  • Jangan melakukan persalinan di dukun beranak atau paraji, tapi datanglah ke bidan, puskesmas, atau rumah sakit untuk melakukan proses persalinan.
  • Bersihkan kemaluan secara teratur, jika perlu bilaslah dengan sabun khusus pembersih wanita.
  • Gantilah pembalut setidaknya 3 kali perhari, namun jika pendarahan masih banyak, gantilah lebih sering.
  • Jika anda melahirkan secara caesar, bersihkan luka bekas operasi secara teratur sesuai anjuran dokter.
  • Jika anda menemukan nanah atau cairan berbau keluar dari liang vagina, nyeri di sekitar kemaluan, atau demam, segera pergi ke pelayanan kesehatan.

No comment for Tips Agar Terhindar Dari Infeksi Masa Nifas

Leave a Reply

Your email address will not be published.