Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Tips Agar Anak Mengenal Dan Mencintai Allah

Tips Agar Anak Mengenal Dan Mencintai Allah

(644 Views) April 3, 2016 4:33 pm | Published by | Comments Off on Tips Agar Anak Mengenal Dan Mencintai Allah

Sumber: Islamedia.id

Sebagai seorang muslim, menanamkan keimanan kepada Allah sebaiknya mulai dilakukan dari anak usia dini. Keimanan tidak akan kuat dan kokoh tanpa ada rasa cinta. Oleh karena itu penting untuk orang tua mengajarkan mencintai Allah.  Lantas bagaimana mengajarkan anak untuk mencintai Allah?

Tentunya Anda sudah tak asing dengan istilah tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu untuk mengajarkan anak mencintai Allah adalah dengan mengenalkannya. Mengenalkan Allah kepada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang tepat dan baik. Dua tips ini mungkin bisa membantu Anda untuk mengenalkan Allah kepada anak Anda, sehingga nantinya muncul rasa cinta di hati anak Anda kepada Allah.

1. Hindari Menebar Pesan Benci

Sebagian orang tua mungkin tanpa mereka sadari telah mengajarkan anak untuk beribadah dan bersikap baik dengan cara yang kurang tepat dan penuh ancaman yang mengerikan.

“Kalau kamu berbohong nanti lidahmu dipotong oleh Allah !”

“Kalau kamu mencuri nanti tanganmu dipotong oleh Allah !”

“Kalau kamu tidak mau shalat, nanti kamu dibakar di api neraka oleh Allah!.”

Maksud hati tentu ingin anak giat beribadah dan bersikap jujur, namun tanpa disadari orang tua malah menebar pesan benci kepada anaknya. Anak yang sering mendengar ancaman seperti diatas maka akan merekam dalam ingatannya bahwa Allah itu jahat, kejam, suka memotong lidah, menyiksa di api nereka dan hal-hal menakutkan lainnya.

Anak akan menjadi takut kepada Allah, namun bukan untuk mendekat, melainkan menjauh dari Allah. Akan ada penolakan-penolakan terhadap perintah Allah di alam bawah sadar si anak. Kalaupun mereka mematuhinya, bukan karena cinta, namun karena terpaksa.Yang terjadi kepada anak-anak yang terserang pesan benci tersebut, bukannya takut lalu mendekat kepada Allah SWT, melainkan memang takut tapi menjauh dari Alllah SWT. Selanjutnya di alam bawah sadar anak tersebut akan terjadi penolakan-penolakan terhadap perintah Allah swt. Ketika di ajak mendirikan shalat tentu sang anak akan menolak kalaupun mau akan melaksandengan sangat terpaksa.

Bahaya yang lebih besar lagi adalah ia akan selalu berburuk sangka terhadap apa yang datangnya dari Allah SWT, ia akan berburuk sangka dan alergi kepada Al-Qur’an, kepada Nabi-Nabi, kepada para ulama dan akan berburuk sangka, melecehkan, menolak, dan bahkan memusuhi Islam.

2. Tanamkanlah Pesan Cinta.

Berkebalikan dengan menebar pesan benci tadi, maka orang tua sebaiknya menanamkan pesan-pesan cinta untuk mengenalkan Allah. Misalnya jika anak sedang berjalan-jalan dan melihat awan di langit, maka orang tua sebaiknya menjelaskan bahwa Allah yang menciptakan awan di langit.

Ibu : ”Nak, lihat itu di atas ada awan, siapa yang yang menciptakan awan?”

Ibu: “Allah yang menciptakan awan nak. Indah ya awannya.”

Ketika anak sedang bermain dengan kucing kesayangannya, jelasakan kepada anak Anda bahwa Allahlah yang menciptakan kucing ini. Begitu pula ketika malam datang dan banyak bintang, di saat turun hujan, dan ketika anak melihat bunga berwarna-warni , memakan buah-buahan, jangan lupa untuk selalu jelaskan bahwa itu semua ciptaan Allah.

Inilah yang dimaksud dengan pesan cinta. Sejak dini anak sudah ditanamkan untuk mengenal Allah yang maha pencipta, maha kuasa, pengasih dan penyayang. Sehingga anak akan kenal dengan Allah dan mencintaiNya.

Ketika rasa cinta itu tumbuh maka anak akan dengan senang hati menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

 

Sumber: MUHAMMAD TOHA_SB3 (Ummi Online)

 

Comment Closed: Tips Agar Anak Mengenal Dan Mencintai Allah

Sorry, comment are closed for this post.