Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ragam » Kecantikan » Ternyata Enam Makanan Ini Yang Bikin Bau Badan Tidak Sedap

Ternyata Enam Makanan Ini Yang Bikin Bau Badan Tidak Sedap

(696 Views) May 9, 2016 5:30 pm | Published by | Comments Off on Ternyata Enam Makanan Ini Yang Bikin Bau Badan Tidak Sedap

Masalah-Bau-BadanBau badan merupakan masalah yang dapat menganggu kepercayaan diri seseorang. Bau badan biasanya identik dengan intensitas keringat dan kebersihan badan. Namun tahukah Anda ternyata bau badan seseorang juga dipengaruhi oleh jenis kelamin, pekerjaan, mood, genetik, obat-obatan dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika Anda merasa badan Anda sudah bersih, tidak mengonsumsi obat, tidak sedang bekerja berat, mood sedang bagus, dan sudah menggunakan wewangian namun tetap berbau tidak sedap, mungkin Anda bisa periksa makanan yang sering Anda konsumsi. Setidaknya ada enam jenis makanan yang dapat memicu bau badan tidak sedap.

1. Bawang

Selama ini kita sering mendengar orang yang suka makan bawang akan memiliki bau badang yang tidak sedap. Ternyata ini bukan mitos. Bawang putih dan bawang bombang mengandung zat sulfur (allisin). Ketika allisin lepas saat bawang dipotong atau dihancurkan, allisin bercampur dengan bakteri pada keringat dan menyebabkan bau badan yang menyengat.

2. Daging merah

Daging merah termasuk makanan yang cukup susah dicerna oleh tubuh, butuh waktu lama dan energi ekstra. Ketika menumpuk karena terlalu banyak, asam amino pada daging merah yang dipecah oleh enzim di usus menjadi zat bau yang lebih sederhana, yang kemudian dikeluarkan lewat keringat. Inilah yang menyebabkan bau badan tidak enak. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, orang-orang yang jarang makan daging merah dan vegetarian punya bau badan yang lebih baik.

3. Brokoli, kubis, dan kol

Kedua sayuran ini kaya akan sulfur, yang tinggi zat gizi dan anti-oksidan yang bisa menghilangkan racun dan zat karsinogen dari tubuh, tapi juga menyebabkan bau badan yang kurang sedap.

4. Makanan pedas

Makanan pedas mengandung rempah-rempah yang kuat yang bisa menempel lama di pori-pori kulit. Ketika bercampur dengan bakteri di keringat, bisa menyebabkan bau badan.

5. Produk dairy

Contohnya adalah susu dan keju yang kaya protein. Banyak makan produk dairy bisa membuat proses pencernaan berlangsung lama. Terlalu banyak makan produk dairy juga bisa mendorong tubuh untuk menghasilkan zat hidrogen sulfida dan metil merkaptan yang jadi biang keladi bau badan.

6. Junk food

Makanan cepat saji bisa membuat sel-sel lemak menumpuk di dalam tubuh. Ini nih salah satu yang menyebabkan bau badan dan bau mulut yang tidak enak, karena junk food lebih lama dicerna daripada makanan sehat lainnya.

Sumber: Annida Online

Comment Closed: Ternyata Enam Makanan Ini Yang Bikin Bau Badan Tidak Sedap

Sorry, comment are closed for this post.