Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Kesehatan » Ternyata Berdiri Selama 2 Jam Setiap Hari Dapat Hindarkan Penyakit Berbahaya Ini

Ternyata Berdiri Selama 2 Jam Setiap Hari Dapat Hindarkan Penyakit Berbahaya Ini

(382 Views) March 3, 2016 3:12 pm | Published by | Comments Off on Ternyata Berdiri Selama 2 Jam Setiap Hari Dapat Hindarkan Penyakit Berbahaya Ini

walkingJika dihitung berapa lama Anda berdiri dalam sehari? Ini mungkin terdengar sepele, tapi tahukah Anda, orang yang berdiri setidaknya 2 jam/hari dapat terhindar dari penyakit jantung, gula darah tinggi, trigliserida dan kolesterol tinggi.

Apakah ini hanya mitos? Tentu saja bukan, sebuah penelitian yang melibatkan 800 responden menunjukan orang yang lebih banyak berdiri jauh lebih sehat dibandingkan orang yang terlalu banyak duduk. Lebih detilnya, berdiri sekitar dua jam sehari akan mengurangi level gula darah sebanyak dua persen. Trigliserida (lemak yang mengalir di dalam darah) sekitar 11 persen, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Lebih menyeramkan lagi, hasil penelitian menunjukan penyebab kematian orang yang duduk lebih dari 6 jam sehari, rata-rata terkena penyakit jantung, kegemukan, diabetes, dan depresi. Penelitian tersebut juga menemukan semakin lama waktu duduk maka semakin meningkat risikonya terkena berbagai penyakit.

Jadi bagaimana menyiasatinya? Bagi Anda ibu rumah tangga atau wanita yang bekerja dari rumah Anda bisa menyiasatinya dengan lebih banyak aktivitas sambil berdiri, memasak, menyetrika, membersihkan rumah dan lain sebagainya dengan berdiri. Sementara bagi Anda yang bekerja di kantor dan banyak menghabiskan waktu dengan duduk, berdirilah setiap beberapa waktu, misalnya mengambil air minum ke pantry atau ke pergi ke toilet.

Selain berdiri, jalan kaki juga merupakan solusi untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit. Rasulullah pun telah mencontohkan kepada kita untuk selalu berjalan kaki. Jadi mulai sekarang yuk, jangan lupa berdiri dan jalan kaki.

Sumber: Vemale

Comment Closed: Ternyata Berdiri Selama 2 Jam Setiap Hari Dapat Hindarkan Penyakit Berbahaya Ini

Sorry, comment are closed for this post.