Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Ternyata Banyak Sekali Hikmah Dibalik Puasa Sunnah

Ternyata Banyak Sekali Hikmah Dibalik Puasa Sunnah

(88 Views) May 5, 2017 6:08 am | Published by | Comments Off on Ternyata Banyak Sekali Hikmah Dibalik Puasa Sunnah

Berpuasa merupakan sebuah kegiatan yang dikerjakan untuk mempertebal keimanan kita serta sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Puasa sunnah memang bersifat mu’akad artinya bila dikerjakan mendapatkan pahala dan jika tidak mengerjakannya tidak mendapatkan dosa. Tentunya akan sangat bernilai bila kita lebih mengerjakannya daripada tidak bukan? Setiap perintah dari Allah SWT pasti memiliki keindahan didalamnya, begitu pula dengan puasa. Ada banyak hikmat puasa sunnah yang dapat kita rasakan.

Hikmah Menjalankan Puasa Sunnah

  1. Mengajarkan diri untuk hidup sederhana

Selain mendapatkan pahala, keutamaan puasa sunnah juga dapat dipakai sebagai sarana melatih diri kita untuk hidup sederhana. Ketika kita berpuasa kita tidak membeli banyak makanan atau minuman bukan? Kita juga mampu menahan diri dari segala hal yang bersifat duniawi. Dengan berpuasa sunnah pula kita dapat merasakan kehidupan orang miskin yang terkadang hanya makan sehari sekali karena memiliki keterbatasan ekonomi. Pastinya rasa empati dan sosial kita dapat merasakannya bukan?

  1. Menjaga kesehatan

Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya, inilah pula hikmah puasa sunnah. Dengan rutin melakukan puasa sunnah ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh kita serta dapat melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh. Kok bisa? Sebab dengan berpuasa tubuh kita akan beristirahat dari segala makan dan minum yang tidak sehat serta tidak berlebihan. Inilah yang membuat tubuh kita menjadi sehat dan mampu detoksifikasi secara alami. Bahkan banyak pakar kesehatan yang selalu menganjurkan para penderita penyakit tertentu untuk melakukan puasa. Seperti halnya orang berpenyakit diabetes, obesitas hingga sebelum operasi dan masih banyak lainnya.

  1. Melatih diri menahan hawa nafsu

Macam macam puasa sunnah juga dapat membuat kita menahan hawa nafsu untuk melatih diri. Hawa nafsu yang dimaksud disini bukan hanya sekedar menahan nafsu ingin makan dan minum saja, tetapi menahan emosi, amarah, berhubungan badan suami istri di siang hari dan berbagai godaan setan lainnya.

  1. Melatih diri untuk rajin beribadah

Namun bukan sekedar menahan hawa nafsu saja, tetapi juga diiringi dengan ibadah yang meningkat. Karena orang yang tengah berpuasa pahala ibadahnya akan dilipatkan pahalanya. Apabila kita mengerjakan puasa sunnah ini secara rutin tentu ibadah kita akan menjadi rutin dan menjadi sebuah kebiasaan. Inilah yang dapat melatih kita untuk menjadi hamba yang rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah mengetahui berbagai hikmah puasa sunnah tersebut sebaiknya memang anda lebih baik melaksanakan puasa sunnah tersebut. Bukan hanya sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT namun juga sebagai sarana melatih diri kita menjadi pribadi yang baik dan rajin beribadah. Semoga bermanfaat dan mampu menambah semangat anda dalam beribadah, terima kasih.

hikmah puasa sunnah ada banyak sekali, selain sarana mendekatkan diri kepada Allah juga untuk melatih diri sendiri.

Comment Closed: Ternyata Banyak Sekali Hikmah Dibalik Puasa Sunnah

Sorry, comment are closed for this post.