Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Ternyata 7 Jenis Jual Beli Ini Dilarang Rasulullah

Ternyata 7 Jenis Jual Beli Ini Dilarang Rasulullah

(730 Views) December 21, 2015 4:43 pm | Published by | Comments Off on Ternyata 7 Jenis Jual Beli Ini Dilarang Rasulullah

BerdagangSeperti yang kita ketahui Rasulullah merupakan pedagang yang ulung dan terkenal dengan kejujurannya. Prinsip Rasulullah yang jujur dan adil ketika berdagang membuat beliau disegani para relasi bisnis maupun kompetitornya.

Apabila Anda seorang pedagang, berlakulah jujur dan adil kepada pembeli Anda. Dan Rasulullah berpesan agar tidak melakukan 7 jenis jual beli berikut ini.

1. Jual beli yang belum diterima

Seorang muslim tidak boleh membeli suatu barang kemudian menjualnya, padahal ia belum menerima barang dagangan tersebut. Sabda Rasulullah :

“Jika engkau membeli sesuatu, engkau jangan menjualnya hingga engkau menerimanya”

2. Jual beli seorang muslim dari muslim lainnya

Seorang muslim tidak boleh jika saudaranya telah membeli sesuatu suatu barang seharga seratus ribu rupiah misalnya, kemudian ia berkata kepada penjualnya, “Mintalah kembali barang itu, dan batalkan ual belinya, karena aku akan membelinya darimu dengan harga lebih mahal”.

3. Jual beli najasy

Jual beli najasy adalah menawar suatu barang dengan harga lebih tinggi, tetapi tidak bermaksud untuk membeli, agar para penawar lain tertarik membelinya.

4. Jual beli barang haram dan najis

Seorang muslim dilarang menjual barang yang haram dan najis.

5. Jual beli gharar

Orang muslim tidak boleh menjual sesuatu yang di dalamnya tidak ada kejelasan. Tidak boleh menjual anak hewan yang masih di perut induknya, buah-buahan yang belum masak, atau barang tanpa melihat, membalikkan atau memeriksanya jika barang tersebut ada di tempat jual beli, atau menjual barang tanpa penjelasan sifatnya, jenisnya, atau beratnya jika barang tersebut tidak ada ditempat.

6. Jual beli sesuatu yang tidak ada pada penjual

Rasulullah bersabda :

“Janganlah engkau menjual sesuatu yang tidak ada padamu”.

7. Jual beli mulamasah dan munabazah

Jual beli mulamasah adalah calon pembeli diwajibkan membeli jika telah menyentuh barang dagangannya. Sedangkan jual beli munazabah adalah system barter antara dua orang tanpa masing-masing memeriksanya terlebih dahulu.

Semoga kita bisa menjadi pedangan yang tidak hanya sukses namun juga amanah, sehingga Allah mencurahkan keberkahan pada rejeki kita. Aamiin.

Sumber: akhwatmuslimah

Comment Closed: Ternyata 7 Jenis Jual Beli Ini Dilarang Rasulullah

Sorry, comment are closed for this post.