Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

(111 Views) May 23, 2017 8:31 am | Published by | Comments Off on Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Indonesia termasuk negara yang mayoritas masyarakatnya muslim. Padahal dulu indonesia memiliki kerajaan hidup terbesar yaitu majapahit. Tapi kenapa malah islam yang lebih dominan di indonesia dibandingkan agama yang lain. Sejarah masuknya islam ke indonesia memang ada banyak sekali versinya. Islam memang sempat menjadi pertentangan di indonesia. Untuk lebih memahaminya, berikut ini teori masuknya islam ke indonesia.

Teori Makkah

Teori pertamaadalah teori makkah yang merupakan jejak muawiyah di abah ke-7 masehi. Hal ini dapat dibuktikan dari peninggalan sejarah berupa hunian wirausahawan arab di daerah pantai barat sumatra. Jadi bisa dipastikan pada waktu itu islam dibawah oleh pengusaha arab melalui perdagangan. Jadi dari abad ke 7 masehi, islam sudah mulai masuk ke indonesia. Tapi sejak adanya kerajaan samudera pasai pada abad ke 13, islam mulai berkembang lebih pesat.

Teori Gujarat

Teori masuknya islam ke indonesia selanjutnya adalah teori gujarat. Teori gujarat ini dimulai dari orientalis bernama snouck hurgronje. Dikatakan bahwa agama islam masuk ke indonesia melalui jalur gujarat india. Menurutnya islam tidak mungkin langsung masuk ke indonesia dari arab. Tetapi islam masuk ke indonesia melalui ajaran tasawuf, yang pada saat itu sedang berkembang di india. Daerah yang pertama kali menerima ajaran islam adalah kesultanan samudera pasai pada abad ke 13 masehi. Teori ini juga tidak bisa dipastikan kejelasannya karena beberapa mazhab yang kurang teori.

Teori Cina

Teori cina ini dikatakan oleh Dr Slamet Muljana sekitar tahun 1968. Dia mengatakan kalau sultan demak masih keturunan cina dan para wali sanga pun masih keturunan cina. Tetapi pendapat ini sedikit berbeda dengan adanya kronik klenteng sam po kong. Di sam po kong memang ada banyak sekali nama orang jawa yang di cinakan. Tapi bukan berarti mereka semua keturunan cina. Teori ini juga tidak begitu dipercayai dan sedikit aneh.

Teori Persia

Teori persia merupakan hasil pemikiran dari Prof Dr Abubakar atjeh yang mengatakan kalau islam masuk ke indonesia melalui persi. Hal ini merujuk pada sistem eja huruf al quran di indonesia yang mirip dengan persia. Tapi teori ini juga cukup lemah. Karena tidak semua orang persia menganut sistem mazhab styiah.

Teori Maritim

Dikatakan kalau islam masuk ke indonesia melalui jalur maritim. Karena pada waktu itu masyarakat indonesia merupakan seorang navigator maritim yang sangat ulung. Ini membantu masuknya islam dan penyebaran islam di indonesia. Terutama di jalur perdagangan, sekitar abad ke-7 Masehi.

Itulah beberapa teoru masuknya islam ke indonesia. Mana teori yang paling kamu percayai. Setiap teori memang memiliki kelemahan dan kelebihannya tersendiri. Memang belum diketahui secara pasti bagaimana islam bisa masuk ke indonesia. Jalur perdagangan menjadi penyebab utama islam masuk ke indonesia.

teori masuknya islam ke indonesia ada banyak sekali, ada yang bilang dari arab, india dan lainnya.

Comment Closed: Teori Masuknya Islam Ke Indonesia

Sorry, comment are closed for this post.