Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Tata Cara Dan Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunnah

Tata Cara Dan Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunnah

(74 Views) May 6, 2017 6:16 am | Published by | Comments Off on Tata Cara Dan Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunnah

Ada banyak jalan menuju Roma, rasanya hal ini sama halnya dengan ada banyak jalan menuju ridho illahi. Selain mengerjakan berbagai hal yang bersifat wajib maupun sunnah, ada hal lain yang juga dapat kita kerjakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Caranya adalah dengan berdzikir, Dzikir memang banyak yang disunnahkan, namun yang banyak diutamakan adalah dzikir pagi dan petang sesuai sunnah. Dengan selalu berdzikir inilah kita dapat selalu mengingat Allah dan tidak terlalu mementingkan masalah duniawi. Lalu bagaimana caranya yang sesuai sunnah?

Tata Cara Dan Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang

Dzikir pagi ini dilaksanakan setelah shalat subuh atau matahari terbit hingga matahari meninggi (waktu dhuha), bila diperkirakan dari jam 7 hingga 8 pagi. Adapun waktu mustajab melaksanakan dzikir pagi dan petang, khususnya dzikir petang dilakukan setelah shalat ashar hingga terbenamnya matahari atau menjelang waktu isya’. Berdzikir tersebut memiliki tata cara tersendiri.

–      Membaca “Alhamdulillahi wahdahu washolaatu wassalaamu ‘ala manlaa nabiyyu ba’dah”. Dibaca ketika pagi dan juga sore, adapun keutamaan membacanya setiap pagi dan sore adalah sekali kita membacanya, sama saja dengan kita membebaskan empat orang budak. Hal tersebut berdasarkan pada hadist yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud.

–      Untuk dzikir pagi dan petang sesuai sunnah selanjutnya kita membaca Al Baqarah ayat 255 atau yang lebih dikenal dengan ayat kursi. Membaca ayat kursi satu kali diwaktu pagi dan juga satu kali diwaktu petang maka akan terlindung dari gangguan jin.

–      Ketika pagi maupun sore membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas masing-masing 3 kali diwaktu masing-masing. Keutamaan dzikir pagi dan petang ini akan dicukupkan dari segala sesuatu yang diperlukan.

–      Dilanjutkan dengan membaca satu kali “ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dhu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin din naari wa ‘adzabin fil qobri”.

–      Selanjutnya membaca satu kali “Allahumma bika as-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur”.

–      “subhanallah wa bi hamdih” dibaca 100 kali, baik diwaktu pagi maupun petang.

–      Ketika anda membaca “laa ilaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir” sebanyak 10 kali maka Allah akan mencatat 10 kebaikan, menghapus 10 kesalahan, sama dengan memerdekakan 10 orang budak, dan juga melindungi dari gangguan setan.

Itulah beberapa dzikir pagi dan petang sesuai sunnah yang dapat anda baca diwaktu pagi dan juga petang. Memang dzikir tersebut belum lengkap adanya, agar dapat mengetahui tata cara yang lebih lengkap dan mendetail, anda dapat mendapatkan buku dzikir pagi dan petang diberbagai toko buku.

dzikir pagi dan petang sesuai sunnah membutuhkan tata cara yang benar, dan disetiap bacaanya memiliki keutamaan tersendiri.

Comment Closed: Tata Cara Dan Keutamaan Dzikir Pagi Dan Petang Sesuai Sunnah

Sorry, comment are closed for this post.