Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Keluarga » Pernikahan » Tanda Siap Nikah Menurut Islam Untuk Muslim-Muslimah

Tanda Siap Nikah Menurut Islam Untuk Muslim-Muslimah

(248 Views) April 13, 2017 4:38 am | Published by | Comments Off on Tanda Siap Nikah Menurut Islam Untuk Muslim-Muslimah

Banyak orang yang berkeinginan untuk segera menikah dan membangun rumah tangga tanpa mengetahui tentang tanda-tanda kesiapan atau ciri yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut memang telah siap nikah menurut Islam. Mengapa harus siap menikah dalam Islam? Sebagai seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya kita menempatkan agama dalam urutan pertama karena hal tersebut yang akan menuntun jalannya pernikahan ke arah yang baik dan lurus. Oleh karena itu mengapa kemudian banyak orang tua yang mengatakan bahwa asalkan agamanya baik maka hal-hal lainnya akan mengikuti seperti rezeki, kesuksesan, dan lainnya.

Namun sayangnya banyak orang yang tidak memikirkan hingga sedalam itu. Rata-rata sebagian besar orang yang telah berhasrat untuk menikah umumnya memikirkan tentang hidup berbahagia berdua saja tanpa memikirkan aspek-aspek lainnya termasuk hubungan yang harus dijalin antara dua keluarga yang berbeda yakni keluarga dari pihak suami dan keluarga dari pihak istri. Hal ini tidak hanya terjadi pada pria namun juga wanita. Oleh karena itu agar kita tidak salah jalan maka ada baiknya untuk mengecek apakah calon kita telah memenuhi kriteria siap nikah menurut Islam berikut ini.

Ciri-ciri Seseorang telah Siap Nikah

Saat memilih pendamping hidup sangat disarankan untuk memilih seseorang yang telah memenuhi kriteria siap nikah menurut Islam, apabila belum maka disarankan untuk memikirkan kembali calon tersebut. Sangat baik dan disarankan untuk memilih calon pendamping hidup yang mampu membimbing kita ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu pilihlah calon yang benar-benar telah siap nikah lahir batin menurut Islam seperti yang dijelaskan berikut ini. DI bawah ini adalah beberapa kriteria yang dapat menjadi patokan bagi kita untuk memilih calon pendamping seumur hidup yang memang benar-benar pilihan, siap lahir batin dan mampu membimbing kita di dunia dan akhirat.

Kriteria pertama yang wajib ada pada calon-calon yang siap nikah menurut Islam adalah berkaitan dengan pendalaman keagamaan. Calon yang hendak menikah baik itu pemuda atau pemudi ada baiknya merupakan seseorang yang mengenal agama dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana ia menjalankan ibadah-ibadah wajib seperti sholat atau puasa. Seseorang yang memiliki kualitas iman yang baik maka ia akan menjalankan perintah agama dengan baik pula. Orang yang seperti inilah yang seharusnya dicari. Tidak hanya dalam menjalankan kewajiban agama saja, poin plus lain yang bisa menjadi patokan kita adalah kemampuan bacaan al-Quran orang tersebut.

Mengapa kemampuan bacaan seseorang begitu penting? Hal ini berkaitan dengan al-Quran yang merupakan wahyu Ilahi yang diturunkan kepada Rasul-kita. Seseorang yang pandai membaca al-Quran serta memiliki perilaku dan akhlak yang baik merupakan contoh seseorang yang disarankan untuk dijadikan sebagai pendamping seumur hidup. Akan tetapi tentu saja mencari orang yang seperti tidaklah mudah. Oleh karena itu kita harus memulainya dari memerbaiki diri sendiri. Apabila diri sendiri belum memenuhi kriteria siap nikah menurut Islam maka jangan terlalu berharap besar bahwa kita akan mendapatkan pasangan yang layak dan sepadan. Karena itu mulailah dari diri sendiri dan mulai benahi diri agar siap nikah menurut Islam.

Agar kita bisa mendapatkan pasangan yang baik maka kita pun harus memiliki kepribadian dan kualitas diri yang sama baiknya. Apabila kita adalah seseorang yang kurang dekat dengan Allah swt serta kurang bisa menjaga diri maka mulai sekaranglah saatnya untuk merubah diri dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sebelumnya dimiliki. Mulailah kembali dekat dengan sang pencipta serta perbanyak mendekatkan diri kepada-Nya dengan rajin membaca al-Quran, bersholawat, dan tentu saja tidak meninggalkan kewajiban-kewajiban agama seperti sholat an puasa. Hal-hal lain seperti sedekah dan sholat sunnah merupakan poin plus lain yang dapat kita tingkatkan seiring dengan berjalannya waktu, dengan demikian kita telah dapat siap nikah menurut Islam.

Tags: ,
Categorised in:

Comment Closed: Tanda Siap Nikah Menurut Islam Untuk Muslim-Muslimah

Sorry, comment are closed for this post.