Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pernikahan » Tanda Kita Siap Menikah Dalam Islam Yang Perlu Di Catat

Tanda Kita Siap Menikah Dalam Islam Yang Perlu Di Catat

(211 Views) April 14, 2017 4:38 am | Published by | Comments Off on Tanda Kita Siap Menikah Dalam Islam Yang Perlu Di Catat

Menikah adalah sesuatu hal yang dilakukan berlandaskan komitmen yang kuat antar pasangan dengan mengikuti ketentuan-ketentuan dalam agama termasuk dalam Islam yang memberikan kriteria atau syarat tertentu bagi seseorang yang hendak atau tertarik untuk menikah lalu adakah ciri-ciri khusus atau tanda siap menikah dalam Islam yang harus dipenuhi? Bagi seseorang yang telah berkeinginan untuk membangun rumah tangga tidak bisa serta asal menikah tanpa mempertimbangkan hal-hal tertentu khususnya hal-hal yang berkaitan dengan agama. Apabila kita memiliki keinginan untuk segera mendapatkan pendamping hidup maka ada beberapa hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Persiapan untuk siap menikah dalam Islam ini akan dijelaskan di bawah ini.

Persiapan Bagi yang Ingin Segera Menikah Secara Islam

Tanda siap menikah dalam Islam yang pertama yang harus diingat oleh orang yang hendak menikah adalah kedewasaan. Kedewasaan ini dapat berarti bahwa kita telah siap secara lahir dan batin untuk mengikat hidup dengan orang lain yang tidak masuk dalam hubungan darah dalam keluarga seumur hidup. Seseorang yang telah dewasa artinya ia mampu bersikap secara bijak, mampu memikirkan hal-hal yang baik dan buruk untuk diri sendiri serta orang lain, serta mampu mengambil keputusan secara baik dengan mempertimbangkan banyak hal. Hal ini penting mengingat ketika seseorang menikah itu artinya ia telah mengikat tidak hanya hidupnya sendiri melainkan juga hubungan keluarganya dengan keluarga pasangan.

Oleh karena itu sangat disarankan agar kita telah siap secara lahir dan batin untuk menghadapi pernikahan. Syarat nikah dalam Islam tentu saja tidak lain adalah memiliki keyakinan yang sama. Keyakinan ini maksudnya adalah keyakinan ketuhanan yang sama yakni hanya menyembah kepada Allah swt saja serta mengakui keberadaan rasul-Nya. Islam tidak memperbolehkan seseorang untuk menikah dengan orang yang bukan beragama Islam. Karena itu sebaiknya ketika hendak menentukan calon pasangan, cek terlebih dahulu keyakinan apa yang dimilikinya Tanda siap menikah dalam Islam ini turut berhubungan pula dengan kemampuan pasangan dalam memahami kewajiban agama seperti sholat dan mengaji.

Meski kita pernah menjumpai pasangan menikah yang berbeda kewarnegaraan dengan pemahaman agama Islam yang masih sedikit akan tetapi jika pasangan satunya telah memiliki pengetahuan yang mencukupi maka tidak akan ada masalah yang berarti yang dapat menghambat perjalanan pernikahan yang dijalin karena masing -masing pihak telah memiliki rasa saling membantu, mengasih, mengajari, yang diikat dalam komitmen yang kuat. Tanda siap menikah dalam Islam selanjutnya adalah tawadhu. Maksudnya adalah seseorang yang hendak menikah hendaknya menyerahkan segalanya kepada Allah swt.

Tidak boleh kita merasa bahwa Allah swt tidak adil hanya karena jodoh yang diharapkan belum datang. Sebagai seorang muslim-muslimah yang baik, kita harus tetap bersabar dan menyerahkan segalanya kepada yang Maha Kuasa. Tentu kita diperbolehkan untuk mencari-cari pasangan yang mungkin cocok menurut kita namun semuanya diserahkan kepada Ilahi, apakah benar ia memang pasangan yang cocok dan sesuai dengan diri kita ataukah ada pasangan yang jauh lebih baik untuk kita hanya kita belum mampu melihatnya atau pun menerimanya. Allah Maha Tahu atas segala sesuatu termasuk tanda siap menikah dalam Islam yang ada pada diri seseorang.

Apabila kita telah merasa bahwa kita siap menjalin hubungan pernikahan secara Islam namun hingga kini jodoh belum juga muncul maka ada baiknya kita berintrospeksi diri karena mungkin saja kualitas diri kita belumlah cukup sehingga perlu ditingkatkan. Meski kita merasa bahwa kita telah merasa siap dan merasa bahwa tanda siap menikah dalam Islam telah kita miliki akan tetapi jika ternyata memang Allah swt belum menunjukkan jodoh kepada kita maka kita harus tetap bersabar dan berikhtiar serta meningkatkan kualitas diri, dengan demikian jodoh kita akan semakin dekat kepada kita.

Comment Closed: Tanda Kita Siap Menikah Dalam Islam Yang Perlu Di Catat

Sorry, comment are closed for this post.