Menu Click to open Menus
Home » Ragam » Travelling » Suka Mendaki Gunung, Muslimah Wajib Baca Tips Ini

Suka Mendaki Gunung, Muslimah Wajib Baca Tips Ini

(2885 Views) September 8, 2015 9:14 am | Published by | Comments Off on Suka Mendaki Gunung, Muslimah Wajib Baca Tips Ini

Mendaki gunung, walaupun tantangannya sangat ekstrim dan identik dengan pria, bukan berarti bahwa para cewek tidak bisa melakukannya. Bahkan saat ini, olahraga yang menantang ini menjadi salah satu kegiatan yang makin banyak digandrungi dan disukai.

Bagi anda yang tertarik untuk mendaki gunung, ada beberapa tips dan persiapan yang tidak boleh anda lewatkan pendakian bisa sukses.

  • A. Siklus Menstruasi

Mulailah dengan mengetahui kapan siklus menstruasi anda. Karena dengan demikian anda bisa memilih waktu yang tepat di mana anda tidak menstruasi untuk mendaki gunung agar bisa enjoy.

  • B. Melatih Stamina

Sangat dibutuhkan stamina yang kuat dan tahan lama saat mendaki gunung. Oleh sebab itu, kita harus melatihnya jauh-jauh hari. Misalnya 2 minggu atau 3 minggu sebeleum pendakian dengan rutin jogging, berjalan, dan berlari.

  • C. Persiapkan Tissue

Tisu bisa menjadi andalan untuk di gunakan sebagai alat bersih-bersih. Jadi, anda bisa mempersiapkan tisu basah maupun tissue kering karena benda ini selain ringan, juga praktis.

Jadi, urusan buang air kecil maupun buang air besar di alam terbuka yang tidak ada toiletnya tentu bisa diatasi dengan menggunakan tissue bukan?

Sedikit tips untuk anda yang ingin mendaki, karena di gunung tidak ada toilet jadi sudah pasti kita akan buang air besar di tempat terbuka. Namun jangan khawatir, kita bisa memilih tempat yang terlindungi baik oleh semak belukar maupun pepohonan. Atau untuk anda bisa memilih menggunakan pelindung dari sarung. Mmm.. Seru kali ya!?

  • D. Bawa Senter

Jangan lupa juga membawa senter beberapa pendakian terkadang dilakukan pada malam hari.

  • E. Pakaian Ringan yang Menyerap Keringat

Sementara, lupakan dulu jeans dan pakaian pakaian barat. Untuk mendaki gunung pakaian yang harus digunakan adalah yang ringan, mudah menyerap keringat serta kuat dan tidak mudah sobek. Karena, sudah pasti medan yang akan kita lalui adalah semak belukar, jalan berbatu dan tentu saja tidak biasa. Dan pastikan pakaian juga tahan dingin. Jika mendaki dimusim hujan, jangan lupa bawa mantel.

  • F. Makan Makanan Bergizi

Yup! Sebelum pendakian kita juga harus mempersiapkan tubuh agar memiliki stamina dan tenaga yang bagus. Selain berolahraga, kita juga harus mengkonsumsi makanan bergizi dan dianjurkan untuk tidak melakukan diet karena bisa sangat merugikan.

  • G. Menu Makanan

Mendaki gunung memang enaknya membawa mie instan. Namun seperti yang kita tahu bahwa mie instan rendah kalori, hanya mengenyangkan sebentar dan tidak bisa memberikan banyak tenaga.

Jadi, tidak ada salahnya apabila membawa beberapa sayur-sayuran ringan yang awet dan penuh gizi seperti labu siam, kol, tomat, wortel, dan lain-lain.

  • H. Manfaatkan Sunblock

Mendaki gak harus keliatan kusut dan kucel kan?! Para cewek memang sedikit ribet ya.. Pendakian yang dilakukan pada siang hari tentu akan memaksa kita menggunakan sunblock karena medan yang dilewati hampir tidak ada yang teduh.

Sunblock akan melindungi wajah, dan bagian bagian tubuh yang terbuka dari sengatan sinar matahari dan bahaya ultraviolet.

  • I. Sarung Tangan dan Penutup Kepala

Cuaca di gunung biasanya sangat dingin sekali. Oleh karena itu, selain menggunakan pakaian yang ringan dan tahan dingin kita juga harus berbekal sarung tangan dan penutup kepala untuk melindungi dari sengatan sinar matahari di siang hari, dan pada malam hari berfungsi untuk melindungi kita dari dingin.

  • J. Membawa Teman Perempuan

Jangan lupa untuk mengajak teman perempuan. Selain untuk menjaga anda atau sebaliknya, teman perempuan juga akan membuat kita merasa nyaman dan aman selama pendakian.

  • K. Jangan Lupa Membawa Mukena

Sekalipun kita mendaki, tentu kita tidak boleh melupakan beribadah. Anda bisa membawa mukena yang ringan dan praktis untuk digunakan pada waktu waktu shalat.

Jika tidak ingin menggunakan mukenah, anda pun bisa memanfaatkan jilbab yang lebar untuk menutupi bagian atas tubuh, terutama bagian kepala dan tentunya anda juga punya sarung tangan untuk menentukan tangan serta sarung kaki.

Jadi, kemanapun ukhti pergi jangan lupakan sholat.

Incoming search terms:

Comment Closed: Suka Mendaki Gunung, Muslimah Wajib Baca Tips Ini

Sorry, comment are closed for this post.