Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Seperti Inilah Kriteria Suami Idaman Istri

Seperti Inilah Kriteria Suami Idaman Istri

(766 Views) November 17, 2015 4:07 pm | Published by | Comments Off on Seperti Inilah Kriteria Suami Idaman Istri

dadSeorang suami merupakan pemimpin atau kepala bagi rumah tangganya. Ia memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk membawa keluarga mencapai kebahagian dunia akhirat. Ibarat sebuah kapal yang sedang berlayar, suami merupakan nahkoda kapal yang memimpin perjalanan. Baik buruknya perjalanan sebuah rumah tangga tergantung dari kepemimpinan seorang kepala rumah tangga. Oleh karena itu penting bagi wanita untuk memilih suami yang mampu mengemban amanah ini.

Pada dasarnya tidak pernah ada manusia yang sempurna, namun setidaknya ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan dasar bagi Anda untuk memilih calon suami yang bisa menjadi kepala rumah tangga yang baik.

1. Shalih, taat beribadah dan menjadi motivator kebaikan bagi keluarga

Meletakan agama sebagai dasar dalam sebuah rumah tangga adalah hal yang mutlak. Oleh karena itu penting bagi seorang kepala keluarga untuk memiliki keshalihan. Seorang kepala keluarga yang shalih bisa dijadikan panutan bagi anggota keluarganya. Selain itu Allah juga telah berfirman “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. At Tahrim : 6). Tugas kepala keluarga yang utama adalah memelihara keluarganya dari api neraka.

2. Bertanggung jawab dalam memberikan nafkah halal kepada keluarga

Kepala keluarga wajib untuk menafkahi keluarganya dari sumber yang halal. Ini sesuai dengan firman Allah “Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang makruf.” (QS. Al Baqoroh : 233)

3. Mampu mengambil peran sebagai pemimpin dalam keluarga

Suami sebagai kepala keluarga merupakan pemimpin. Ini seperti yang tercantum dalam Al Quran:

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian (perempuan) yang lain dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebahagian dari harta mereka.” (QS. An Nisaa: 34).

4. Komunikatif dan mampu menciptakan sinergi positif diantara seluruh keluarga

Dalam sebuah rumah tangga, komunikasi sangat penting. Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang hangat dan dekat satu sama lain. Kedekatan ini bisa didaptkan apabila suami istri dan juga anggota keluarga saling berkomunikasi. Suami tidak hanya dituntut untuk mencari nafkah bagi keluarga, namun juga memberikan perhatian dan kasih sayangnya.

5. Bersikap sabar dalam memimpin keluarganya

Dalam setiap perjalanan rumah tangga, tentunya akan ditemui beberapa persoalan. Di sinilah seorang suami dituntut untuk memiliki kesabaran dan kebijaksanaan dalam memimpin keluarganya mengatasi persoalan tersebut. Suami yang sabar, bijaksana dan tidak kasar tentunya akan membuat istri dan anggota keluarga yang lain lebih tenang.

Sumber: Ummi Online

Comment Closed: Seperti Inilah Kriteria Suami Idaman Istri

Sorry, comment are closed for this post.