Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Sejarah Singkat Kerajaan Demak- Kerajaan Islam Pertama Di Pulau Jawa

Sejarah Singkat Kerajaan Demak- Kerajaan Islam Pertama Di Pulau Jawa

(63 Views) June 23, 2017 6:48 am | Published by | Comments Off on Sejarah Singkat Kerajaan Demak- Kerajaan Islam Pertama Di Pulau Jawa

Indonesia merupakan Negara dengan jumlah kerajaan yang begitu banyak. Namun hal tersebut terjadi pada zaman dahulu karena memang sekarang ini sudah tidak ada lagi kerajaan yang masih eksis di Indonesia mengingat sistem kenegaraan di Indonesia berubah menjadi sistem pemerintahan parlementer. Kerajaan-kerajaan tersebut memang dahulu tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan pulau yang mempunyai cukup banyak kerajaan ialah pulau Jawa. Di pulau tersebut terdapat banyak kerajaan baik kerajaan hindu maupun kerajaan Islam yang berkembang pada zaman dahulu. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas kaitannya dengan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Apakah anda tahu kerajaan Islam pertama yang berada di Pulau Jawa?

Sejarah Kerajaan Islam di Jawa

Jika merujuk pada ahli sejarah Islam, kerajaan Islam pertama yang berada di pulau Jawa ialah kerajaan Demak. Yuph, kerajaan Demak memang dikenal sebagai kerajaan Islam pertama setelah runtuhnya kerajaan majapahit. Dan kerajaan demak tersebut mulai berdiri sekitar tahun 1500 M, tahun dimana kerajaan Majapahit juga ikut runtuh. Hal tersebut dikuatkan dengan penemuan peninggalan atau prasasti yang bertuliskan Candrasengaka dengan isi dari prasasti tersebut ialah sirna hilang kertaning bhumi.

Seiring dengan berkembangnya kerajaan demak, kerajaan ini mencapai puncak perkembangan pada abad 16. Selain itu, pada saat itu, kerajaan demak bisa dikatakan sebagai kerajaan Islam yang terkuat di pulau Jawa, dan diklaim tidak ada satupun kerajaan yang sanggup menandingi kekuatan kerajaan ini. Kekuatan kerajaan ini juga semakin bertambah mengingat pada waktu yang sama kerajaan Demak ini juga memperluas daerah kekuasaannya dengan menaklukan beberapa wilayah khususnya di kawasan pelabuhan dan juga kawasan pedalaman Nusantara. Sejak berdirinya kerajaan tertua dan terkuat di pulau Jawa ini, terdapat beberapa raja yang memimpin kerajaan ini dan diantaranya akan dijelaskan pada penjelasan bawah ini.

Raja Adipati Unus

Raja pertama yang memimpin kerajaan tertua di Pulau jawa ini ialah Raja adipati Unus. Dibawah pemerintahan dan kekuasaan adipati unus, kerajaan ini memiliki wawasan nusantara. Selain itu, kerajaan ini juga mempunyai visi besar yakni sebagai kerajaan maritime terbesat di nusantara. Namun demikian, pada masa pemerintahannya terdapat juga ancaman karena sudah ada pendudukan Portugis yang berada di Malaka. Keberadaan Portugis tersebut juga membuat Adipati Unus untuk mengirimkan pasukannya untuk menyerang Portugis.

Raja Trenggana

Dibawah kepemimpinannya, kerajaan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa ini memperlebar kekuasaannya sampai ke Jawa Timur dan juga Jawa Tengah. Pelebaran kekuasaan tersebut juga dibarengi dengan penyebaran agama Islam di kawasan tersebut. Selain menguasai daerah-daerah tersebut, kerajaan Demak di bawah kepemimpinannya juga berhasil menghalau Portugis dari Sunda Kelapa dan Pajajaran.

kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa merupakan kerajaan Islam terkuat pertama di pulau Jawa.

Comment Closed: Sejarah Singkat Kerajaan Demak- Kerajaan Islam Pertama Di Pulau Jawa

Sorry, comment are closed for this post.