Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Sejarah Qasidah Dan Lirik Lagu Jilbab Putih Yang Melegenda

Sejarah Qasidah Dan Lirik Lagu Jilbab Putih Yang Melegenda

(70 Views) May 7, 2017 6:22 am | Published by | Comments Off on Sejarah Qasidah Dan Lirik Lagu Jilbab Putih Yang Melegenda

Qasidah berasal dari bahasa Arab yang berarti lagu atau nyanyian, sehingga dapat diartikan bahwa qasidah merupakan lagu atau musik dengan ciri tersendiri bertemakan agama Islam maupun da’wah Islam. Adanya qasidah tersebut ditujukan untuk memberikan hiburan musik dari para seniman muslim yang berkreasi dalam bidang seni. Saat ini banyak grup qasidah yang berhasil menciptakan lagu dengan makna yang begitu islami dan mendalam. Ketenaran grup musik semacam ini juga tidak kalah dengan grup musik saat ini. Diantara banyak qasidah saat ini ada satu yang melegenda, dengan judul lagu “jilbab putih”. Berikut ini lirik lagu jilbab putih yang telah melegenda itu.

Sejarah Qasidah

Pastinya anda masih penasaran bagaimana sejarah lagu qasidah ini, seni qasidah lahir bersamaan dengan kelahiran islam. Saat ini pertama kali qasidah ditampilkan oleh kaum Anshar dan sahabat dari kaum Muhajirin dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah. Pada saat itu kaum Anshar menyambut kedatangan Nabi dengan mendendangkan lagu lagu pujian diiringi musik rebana. Bermula dari sinilah qasidah berjalan dan berkembang hingga sekarang ini. Seni qasidah bukan hanya dipergunakan dalam acara Pengajian saja, kini acara pernikahan, cukuran bayi, hari besar Islam lainnya sering menggunakan kesenian ini.

Lirik Lagu Qasidah

Sebelum anda mengetahui lirik lagu qasidah tadi, perlu anda ketahui dalam satu grup qasidah ini biasanya terdiri dari lima hingga enam orang, dimana masing-masing memegang alat musik tersendiri. Ada yang memainkan rebana paling kecil hingga yang paling besar ditambah dengan alat kecrek. Namun qasidah modern saat ini banyak yang menambahkan alat musik organ, gitar dan juga bass, sehingga lagu yang didengar juga semakin mantap. Inilah lirik lagu jilbab putih yang begitu melegenda dikalangan qasidah.

Berkibar jilbabmu di setiap waktu

Di sepanjang jalan kulihat kamu

Gebyar jilbabmu meredam nafsu

Busanamu menyejukkan kalbu

 

Pesona jilbabmu anggun di wajahmu

Sekilas senyummu menambah ayu

Karena jilbabmu aku terpaku

Cermin takwa iman didadamu

 

Reff :

Jilbab-jilbab putih lambang kesucian

Lembut hatimu penuh kasih teguh pendirian

Jilbab-jilbab putih bagaikan cahayanya

Yang bersinar di tengah malam gelap gulita

 

Dibalik jilbabmu ada jiwa yang takwa

Di balik senyummu tersimpan masa depan cerah

 

(berkibar jilbabmu disetiap waktu

di sepanjang jalan kulihat kamu

gebyar jilbabmu meredam nafsu

busanamu menyejukkan kalbu)

 

kembali ke Reff

 

Bagaimana? Setelah membaca lirik lagu tersebut begitu syarat akan makna dan keislaman yang mendalam bukan? Bukan hanya lirik lagu yang mendalam, dalam lirik lagu jilbab putih tersebut memiliki makna dan anjuran bagi para wanita muslim untuk mengenakan jilbab. Dengan mengenakan jilbab tampilan wanita muslim akan lebih cantik dan mencerminkan takwa seorang muslimah.

lirik lagu jilbab putih mengandung maksud dan makna yang mendalam, bahkan lagu tersebut mengandung anjuran untuk muslimah.

Comment Closed: Sejarah Qasidah Dan Lirik Lagu Jilbab Putih Yang Melegenda

Sorry, comment are closed for this post.