Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Sejarah Perkembangan Islam Di Eropa

Sejarah Perkembangan Islam Di Eropa

(62 Views) May 20, 2017 8:09 am | Published by | Comments Off on Sejarah Perkembangan Islam Di Eropa

Sejarah masuknya eropa di mulai dari penaklukan negara negara andalusia. Sekitar tahun 756 masehi sampai 1492 masehi yang terjadi semenanjung liberia. Lalu berlanjut ke sisilia sampai ke balkan. Inilah yang membuat perkembangan islam di eropa semakin menyebar ke berbagai daerah. Dari proses penaklukan inilah islam mulai diajarkan dari satu daerah ke daerah lainnya. Kurang lebih dalam waktu 7 tahun, hampir semua daerah andalusia dikuasai oleh kaum muslimin. Kecuali daerah glacia. Berikut ini lima cara peradapan islam masuk ke eropa.

Melalui Andalusia

Andalusia termasuk cikal bakal penyebaran islam di eropa. Setelah penaklukan andalusia (spanyol) dan sisilia membuat penyebaran islam di eropa semakin mudah. Sejak saat itu islam mulai menyebar ke berbagai daerah di eropa. Seperti cordova, granada, seviilia dan toledo. Pada saat itu, warga andalusia menganut ajaran masehi. Ketika islam mulai masuk, warga menjadi terpecah belah. Penduduk andalusia yang mulai memeluk agama islam, mengenal istilah mozabarabes yang artinya musta’rib. Oleh karena itu, di andalusia banyak pendeta nasrani yang menerjemahkan kitab injil ke bahasa arab.

Melalui Sisilia

Sisilia termasuk daerah otonomi italia. Menurut sejarah perkembangan islam di eropa juga dimulai dari daerah sisilia. Sisilia menjadi pintu gerbang penghubung ajaran islam dengan negara eropa. Apalagi letak sisilia dekat dengan tunisia afrika utara. ketika dikuasai oleh kaum muslimin, sisilia berkembang sangat pesat dan menjadi daerah peradapan perniagaan yang sukses.

Melalui Albania

Selain melalui andalusia dan sisilia, masuknya islam di eropa juga melalui albania. Albania masuk ke wilayah balkan. Wilayah balkan ini lokasinya sangat strategis, sehingga islam mudah masuk ke daerah eropa melalui jalur albania. Raktar albania lebih terbuka, ini memudahkan ajaran islam untuk masuk.

Pertukaran Perdagangan Melalui Jalur Mesir

Pada saat itu perdagangan menjadi hal yang sangat penting. Perdagangan dijadikan perantara untuk menyebarkan banyak hal. Termasuk ajaran islam. Sebagian besar penyebaran islam di seluruh dunia melalui perdagangan. Untuk di eropa, perdagangan dari barat ke timur melalui jalur mesir, menjadi jalur utama untuk melakukan penyebaran agama islam di eropa. Orang mesin yang beragama islam, membawa agama islam ke eropa melalui jalur perdagangan ini.

Melalui Kedatangan Orang Salib Dari Timur Islam

Penaklukan spanyol dan sisilia membuat daerah pinggiran kristen latin, menjadi lebih mudah untuk masuk ajaran islam didalamnya. Kedatangan orang salin dari timur islam membantu penyebaran agama islam di eropa lebih mudah.

Dari sini ada banyak sekali bukti peradapan islam di eropa. Misalnya dengan ditemukannya buku terjemahan bahasa arab ke ibrani. Ada beberapa daerah di eropa yang menggunakan bahasa arab sampai saat ini. Anda bisa menemukannya di daerah portugis, italia, spanyol dan lainnya. itulah sedikit cerita tentang perkembangan islam di eropa. Semoga bermanfaat.

perkembangan islam di eropa melalui beberapa jalur. Yang paling utama lewat jalur andania dan sisilia.

Comment Closed: Sejarah Perkembangan Islam Di Eropa

Sorry, comment are closed for this post.