Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Sejarah Kerajaan Islam Di Sumatera Yang Terbesar

Sejarah Kerajaan Islam Di Sumatera Yang Terbesar

(23 Views) July 17, 2017 1:56 am | Published by | Comments Off on Sejarah Kerajaan Islam Di Sumatera Yang Terbesar

Sejarah kerajaan islam di sumatera sungguh besar dan menakjubkan. Agama islam masuk sumatera dan membentuk kerajaan-kerajaan yang tangguh. Hal ini bisa di lihat dalam sejarah perkembangan kebudayaan islam yang ada di daerah Sumatera. Daerah sumatera pada zaman dahulu kala termasuk daerah semenanjung yang sangat strategis dan memiliki banyak potensi alam. Oleh karena itu daerah kepulauan ini menjadi lokasi persebaran agama islam yang paling strategis di wilayah indonesia bahkan asia tenggara.

Kerajaan Islam Terbesar Di Sumatera

ada beberapa kerajaan islam yang terbesar di sumatera. Kerajaan islam di sumatera yang terbesar diantara adalah kerajaan samudera pasai. Kerajaan ini merupakan kerajaan di semananjung yang terkenal dengan kejayaannya dan kekuatannya di masa silam. Terutama saat abad ke 12 masehi. Islam masuk ke Indonesia di bawa oleh para pedagang Persia, Gujarat dan arab.kemudian membawa dan menyebarkan banyak pengikut di indonesia.

Kerajaan islam di sumatera yang terkenal sebagai generasi awal di kerajaan samudra pasai yaitu Sultan pasai yang pertama di sebut dengan sultan malikul saleh yang kemudian memiliki putra yang bernama sultan malikul zahir kemudian sultan malikul Mansur. Sayangnya kekuasaan samudra pasai makin melemah, bahkan saat majapahit meluaskan kekuasaan wilayah hingga keseluruh nusantara kerajaan samudra pasai ini tunduk di bawah kerajaan majapahit. Bukti keberadaan kerajaan samudra pasai ini ditemukannya mata uang dirham sebagai alat tukar dagang. Pada mata uang dini ditulis nama raja yang memerintah. Nama sultan mulai dari abad 14 hingga 15 masehi seperti sultan alaudin, mansul malik zahir, Muhammad malik zahir, dan lain lainnya. Wilayahnya kerajaannya sendiri berpusat di nangroe aceh Darussalam.

Kerajaan silam yang terkenal dari sumatera adalah kerajaan malaka. Sejarah kerajaan islam di sumatera ini dimulai dari pendiri kerajaan malaka yang bernama pangeran parameswara yang berasal dari kerajaan sriwijaya. Awalnya dia menghindar dari serangan majapahit kemudian menjalin hubungan dengan para perompak atau bajak laut yang memaksa kapal dagang melewati selat malaka hingga akhirnya menjalin kerjasama dengan kaisar ming dari china untuk membela diri dari serangan kerajaan majapahit. Akhirnya prameswara membangun kerajaan malaka dan menikah dengan putri dari kerajaan samudra pasai hingga akhirnya bergelar Muhammad iskandar syah. Kemudian digantikan oleh sri prameswara dewa syah atau dikenal dengan ibrhami abu said, kemudian digantikan oleh muzaffar syag atau kasim. Nah pada masa inilah kerajaan malaka mencpaai puncak keemasannya.

Kerajaan islam di sumatera terutama kerajaan malaka ini sewaktu jaman keemasannya luas kekuasaan wilayahnya bahkan mencapai Pahang malasia, trengagnu, pattani atau wilayah thailand dan Kampar serta Indragiri di sumatera. Sulatan ini kemudian di ganti oleh sultan masnyur sah atau Abdullah kemudian diserahkan oleh sultan alaudian riayat syah hingga kemudian kejayaan kerajaan malaka sirnah data diserang portugis yang dipimpin oleh alfonso de Albuquerque.

kerajaan islam di sumatera yang terkenal ada kerajaan samudera pasai dan kerajaan malaka. Kerajaan ini akhirnya runtuh akibat serangan dari penjajah asing dari eropa.

Comment Closed: Sejarah Kerajaan Islam Di Sumatera Yang Terbesar

Sorry, comment are closed for this post.