Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Sejarah Kerajaan Islam Di Kalimantan

Sejarah Kerajaan Islam Di Kalimantan

(110 Views) June 10, 2017 2:41 am | Published by | Comments Off on Sejarah Kerajaan Islam Di Kalimantan

Pada abad ke-13, Islam telah masuk ke nusantara dan mulai menyebar ke berbagai daerah termasuk Kalimantan. Bahkan Islam disana mengakar semakin kuat diiringi dengan perkembangan Islam di nusantara. Tak heran rasanya bila kita dapat menyaksikan peninggalan kerajaan Islam di Kalimantan hingga saat ini. Namun kapan tepatnya Islam masuk ke Kalimantan? Ada beberapa versi teori yang menyatakan awal masuknya Islam disana. Ada yang menyatakan proses islamisasi melalui Kalimantan Timur, dan pendapat lain menyatakan melalui Brunei. Terlepas dari itu semua disana tertinggal bukti kerajaan islam yang ada.

Kerajaan Bercorak Islam Di Kalimantan

  1. Kerajaan banjar

Kerajaan banjar atau yang kini dikenal dengan Banjarmasin terdapat di kawasan Kalimantan Selatan yang telah ada sejak kerajaan bercorak Hindu seperti Nagara Dipa, Daha, dan Kahuripan yang berpusat di daerah hulu sungai Nagara. Dalam peperangan masa itu, kerajaan Daha berperang dengan Raden Samudra yang dibantu Demak berhasil memenangkan peperangan. Semenjak dinobatkan sebagai raja Banjar, kepemimpinan Raja Samudra kerajaan berubah menjadi kerajaan islam di Indonesia. Proses islamisasi itu terjadi sekitar tahun 1550 M, bahkan dari kepemimpinan Raja Samudra yang mendapatkan gelar Sultan Suryanullah ini meluaskan wilayah kekuasaannya hingga Sambas, Sampit, Mandawi, Sambangan, Sukadana, Batanglawai dan Kotawaringin.

  1. Kerajaan kutai

Kerajaan Kutai Kartanegara terletak di tepi sungai Mahakam, Kalimatan Timur, lebih tepatnya berada di sekitar pertemuan Sungai Mahakam dengan anak sungainya. Salah satu kerajaan Islam di Kalimantan tersebut merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Awalnya kerajaan itu adalah kerajaan bercorak Hindu, namun berkat lokasinya yang strategis sebagai jalur perdagangan, memberikan celah masuknya agama Islam dan menjadi sejarah kerajaan Islam di Kalimantan. Awalnya kedatangan Islam ini dibawa oleh dua orang mubalig bernama Tuan ri Bandang dan Tuan Tunggang Parangan. Mereka datang ke Kutai setelah mengislamkan Sulawesi Selatan. Peristiwa ini terjadi pada akhir abad ke-16, dan di abad ke-17 islam mulai diterima dan semakin meluas di kerajaan Kutai Kartanegara beserta rakyatnya.

  1. Kerajaan pontianak

Kerajaan islam di Kalimantanini didirikan pada akhir abad ke-18, serta sekaligus menjadi kesultanan termuda yang lahir di Kalimantan. Syarif Abdurrahman Alkadrie menjadi sultan Pontianak pertama, dimana beliau meletakkan pusat pemerintahannya dengan ditandai berdirinya masjid raya Sultan Abdurrahman Alkarie dan istana Ka Dariah. Pada masa kepemimpinan beliau dari tahun 1771 hingga 1808, Islam semakin kuat, kokoh dan menyebar luas. Sitambah lagi dengan lokasinya yang strategis membuat kerajaan ini semakin berjaya dalam islam juga dalam sektor perdagangan.

Itulah kerajaan Islam di Kalimantan yang dapat anda jadikan sebagai referensi serta tambahan informasi. Masuknya islam dengan damai serta tidak membedakan kasta membuat raja dan rakyat Kalimantan mudah menerima masuknya agama Islam disana. Bahkan keislaman yang kuat tetap terjaga hingga saat ini.

kerajaan islam di Kalimantan ada tiga, masuk dengan cara damai membuat semua penduduk menerima dengan baik agama ini.

Comment Closed: Sejarah Kerajaan Islam Di Kalimantan

Sorry, comment are closed for this post.