Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Sejarah Islam Di Eropa Dan Beberapa Tempat Bersejarahnya

Sejarah Islam Di Eropa Dan Beberapa Tempat Bersejarahnya

(140 Views) May 18, 2017 8:09 am | Published by | Comments Off on Sejarah Islam Di Eropa Dan Beberapa Tempat Bersejarahnya

Islam memang muncul di Arab sebagai ajaran pembaruan dari budaya jahiliyah yang sudah berkembang pada fase jaman sebelumnya. Setelah kedatangan Islam, bangsa Arab mendapatkan kejayaannya, begitu pula Islam. Islam tersebar di berbagai belahan dunia, hingga sampai ke benua biru atau Eropa. Adalah menarik untuk menyimak sejarah Islam di Eropa beserta beberapa tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu perkembangan Islam. Berikut ada beberapa tempat bersejarah dengan nuansa Islam yang sangat kental.

  1. Turki

Turki merupakan salah satu negara Islam di Eropa dengan umat Islam yang cuku besar. Nah, Turki memiliki sejarah panjang terkait perkembangan Islam. Hal ini dikarenakan kekhalifahan Islam terakhir ada di Turki, yakni Dinasti Utsmani yang sudah hancur seabad yang lalu. Banyak tempat bersejarah yang ada di Turki yang menunjukkan kejayaan Islam masa lalu, seperti Blue Mosque, makam Muhammad Al Fatih, dan berbagai tempat yang lainnya yang menjadi saksi sejarah Islam di benua Eropa.

  1. Spanyol

Perkembangan Islam di Eropa tidak bisa dilepaskan dari negara Spanyol. Negara ini memang menjadi salah satu saksi sejarah Islam di Eropa yang paling masyur. Ada beberapa pusat peradaban Islam di Spanyol yang harus diketahui, seperti Cordoba, Sevilla dan juga Granada. Banyak masjid besar didirikan disana pada saat Islam berjaya. Akan tetapi, kejayaan Islam mulai hancur sejak masuknya Kristen yang kini menjadi agama negara bagi Spanyol.

  1. Russia

Mungkin anda akan kaget jika mendengar Russia sebagai salah satu negara yang memiliki sejarah dengan Islam. Ya, hal ini karena Russia terkenal dengan paham komunis nya yang tidak bertuhan. Islam masuk ke negara ini sekitar 1000 tahun yang lalu melalui Kaukasus dan memiliki populasi hingga 20% pada waktu itu. Salah satu tempat bersejarah di sini adalah Red Square.

  1. Yunani

Negara lain yang menjadi saksi dari sejarah Islam di benua Eropa adalah Yunani. Salah satu kota di Yunani yang menjadi objek syiar Islam adalah Parthenon di Athena. Islam masuk karena undangan raja Byrzantium dan menjadi agama wajib disana hingga kurun waktu 500 tahun. Salah satu tempat bersejarah di Yunani adalah Masjid Fatih Sunan.

  1. Bosnia

Negara ini merupakan salah satu pecahan dari negara Russia yang memiliki pemeluk agama Islam cukup besar. Islam berusia sekitar 600 tahun di sana dan meninggalkan banyak sekali bangunan bercorak Islam. Ada beberapa masjid sebagai saksi sejarah Islam di Eropa yang kini masih dapat kita temukan disini, salah satunya Masjid Bascarsija. Beberapa tempat di Eropa tersebut membuktikan bahwa Islam tersebar dengan sangat sistematis dan baik di Eropa.

sejarah Islam di Eropa menunjukkan kemasyuran Islam sebagai agama mulia yang menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat unggul.

Comment Closed: Sejarah Islam Di Eropa Dan Beberapa Tempat Bersejarahnya

Sorry, comment are closed for this post.