Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

(37 Views) July 31, 2017 3:12 am | Published by | Comments Off on Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

Indonesia ini memiliki penduduk muslim terbanyak didunia. Meskipun bukan Negara yang melahirkan islam namun agama ini berkembang sangat pesat sekali sejak jaman kerajaan dahulu. Hal itu ada kaitannya dengan peranan tokoh islam pada masa lampau yang berhasil menyebarkan agama islam ke Indonesia. Walaupun begitu, tidak sedikit pula yang masih bingung jika ada pertanyaan Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia karena tidak semua orang sekarang tahu. Terlebih mereka yang sudah melupakan sejarah, pasti mereka tidak tahu sama sekali tentang peranan para tokoh islam di Indonesia ini.

Beberapa Peran Penting Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia

Bagi tokoh muslim di Indonesia, peran mereka untuk mengembangkan agama islam sangatlah besar. Peran penting tokoh pengembang agama Islam di Indonesia bisa dikatakan sudah dimulai sejak zaman wali songo. Peranan wali songo ini sangatlah penting untuk perkembangan islam di Indonesia karena mereka memiliki pendekatan yang sangat unik dan cocok untuk masyarakat Indonesia khususnya yang berada di pulau jawa. Peran wali songo ini sangatlah banyak dimulai dari pemerintahan, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Cara mereka berdakwah juga dengan menyelam ke budaya masyarakat jaman dahulu sehingga masyarakat tidak kaget dengan adanya agama baru yang bernama islam.

Selain itu, untuk mengetahui islam di Indonesia juga penting untuk kita mengetahui kedatangan islam ke Indonesia. Jika kita ditanya Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia maka ada kaitannya dengan sejarah islam dimana sudah ada pada abad ke 13 masehi yang dibawa oleh wali songo. Saat itu, pengembangan islam melakukan islamisasi dengan beberapa cara seperti perdagangan, pernikahan, dan pendidikan. Pada jaman wali songo, mereka juga mengembangkan islam di Indonesia melalui seni dan budaya yang menarik masyarakat untuk memeluk islam.

Pada masa penjajahan belanda, beberapa tokoh penting pengembang islam di Indonesia juga bermunculan. Namun pada saat itu, ruang gerak islam sangat dibatasi dimana kerajaan-kerajaan islam dilarang untuk beraliansi. Terlebih pada saat belanda menjajah mereka mendatangkan tokoh orientalis Prof. Dr. Snouk Christian Hourgonye atau Abdul Gafar yang memerintahkan agar umat islam tidak boleh berbicara atau melakukan politik praktis. Sehingga umat islam pada saat itu sangat tertekan. Dengan kata lain, tokoh islam pada saat itu tidak begitu menonjol.

Baru di abad ke 20, tokoh islam mendapatkan kelonggaran. Pada saat itu, umat islam sudah boleh berpolitik yang akhirnya melahirkan organisasi-organisasi islam yang pertama pada tahun 1905. Tokoh serikat islam pertama adalah HOS Tjokroaminoto yang merupakan inspirator utama pergerakan nasional di Indonesia. Selain beliau, ada juga H. Agus Salim, Abdul Muis yang tergabung dalam Young Islamitend Bound yang bersifat nasional. Mulai dari sini lahirlah organisasi islam terbesar seperti Muhammadiyah dan disusul oleh NU yang memiliki peran penting dalam pengembangan islam di Indonesia. Oleh karena itu, jika anda ditanya Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia anda tidak perlu bingung untuk menjawabnya.

Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia sangatlah banyak dan sudah dimulai sejak zaman wali songo yang mampu mempengaruhi islam di Indonesia.

Comment Closed: Sebutkan Beberapa Peran Tokoh Pengembang Agama Islam Di Indonesia Yang Wajib Diketahui

Sorry, comment are closed for this post.