Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Rukun Islam Ada 5

Rukun Islam Ada 5

(27 Views) June 13, 2017 2:49 am | Published by | Comments Off on Rukun Islam Ada 5

Rukun islam adalah pilar agama bagi umat muslim. Rukun islam yang merupakan tindakan-tindakan dasar dalam agama islam. Rukun islam ada 5 dalam agama islam. Diantaranya adalah membaca dua kalimat shahadat, mengerjakan sholat fardhu yang terdiri dari lima waktu dalam sehari semalam, berpuasa di bulan suci ramadhan, membayar zakat fitrah, dan menunaikan ibadah haji di tanah suci yaitu makkah. Ke semua rukun islam merupakan pondasi bagi umat muslim.

Membaca dua kalimah shahadat

Rukun islam yang pertama adalah membaca dua kalimah shahadat. Dengan membaca dua kalimah shahadat, seorang muslim bersaksi bahwa tidak ada sesuatupun yang wajib disembah kecuali Allah swt dan menyatakan bahwa Rosulullah saw adalah utusan Allah. Bershahadat atau memberikan persaksian tidak hanya diucapkan melalui lisan saja, namun harus dibenarkan oleh hati dan juga diamalkan dalam perbuatannya. Seorang muslim tidak hanya mengucapkan syahadat melalui lisan saja namun juga harus diiringi dengan keduanya yaitu pembenaran dalam hati dan amal tindakannya agar syahadatnya tidak sia-sia belaka.

Mengerjakan shalat

Rukun islam ada 5 dan yang kedua adalah mengerjakan ibadah shalat lima waktu dalam sehari semalam. Shalat adalah sarana bagi seorang muslim untuk terhubung kepada Allah dan memanjatkan doa serta permohonannya. Shalat juga merupakan pondasi bagi seorang muslim agar terhindar dari perbuatan yang munkar. Dengan mengerjakan rukun islam yaitu shalat, seorang muslim akan memperoleh kedamaian jiwa dan merasa bahagia. Shalat dalam sehari semalam ada lima waktu yaitu shubuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isyak.

Menjalankan ibadah puasa

Rukun islam yang ketiga adalah berpuasa pada bulan suci ramadhan. Berpuasa tidak hanya menahan rasa lapar seharian, namun memiliki makna yang lebih dalam. Berpuasa pada bulan ramadhan berarti menahan segala nafsu mulai dari makan, minum, berhubungan suami istri, dan perbuatan-perbuatan yang membatalkan puasa dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Dengan mengharapkan ridha dari Allah swt, ibadah puasa dijalankan selama satu bulan penuh bulan ramadhan.

Membayar zakat dan haji

Membayar zakat adalah rukun islam yang wajib dikerjakan dan keempat. Seorang muslim diperintahkan dan diwajibkan oleh Allah swt untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya dengan ketentuan yang berlaku seperti yang telah dijelaskan dalam Al Quran. Membayar zakat dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dikeluarkan setiap tahun dimulai dari hari pertama bulan ramadhan hingga berakhirnya bulan ramadhan sebelum sholat idul fitri dilaksanakan. Sedangkan zakat mal dikeluarkan bagi seorang muslim yang hartanya telah mencapai nisab setiap tahunnya. Rukun islam ada 5 dan yang terakhir adalah haji. Ibadah haji menjadi wajib dilaksanakan oleh seorang muslim apabila ia telah mampu untuk melaksanakannya. Kelima rukun islam adalah pilar bagi seorang muslim.

rukun islam ada 5 dan kelimanya harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seorang muslim. Rukun islam adalah pilar umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah swt dan agar jauh dari perbuatan munkar.

Tags:
Categorised in: ,

Comment Closed: Rukun Islam Ada 5

Sorry, comment are closed for this post.