Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » Rukun Islam Ada 5 Yaitu Apa Saja ? Nah Ketahui Penjelasan Lengkapnya Disini

Rukun Islam Ada 5 Yaitu Apa Saja ? Nah Ketahui Penjelasan Lengkapnya Disini

(57 Views) July 15, 2017 1:56 am | Published by | Comments Off on Rukun Islam Ada 5 Yaitu Apa Saja ? Nah Ketahui Penjelasan Lengkapnya Disini

Rukun islam ada 5 yaitu pertama mengucapkan syahadat, solat, puasa, zakat dan ibadah haji bagi yang mampu. Namun apakah hanya seperti itu ? tentu ada tuntunannya untuk menjalankan itu semua. Nah berikut ini kami berikan penjelasan mengenai aturan dan tuntunan dalam rukun islam yang wajib dilakukan oleh semua muslim.

Penjelasan Rukun Islam Ada 5 Yang Mudah Dipahami

Ketika anda islam maka sebagai syaratnya yang paling pertama kali adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Yaitu ashadualla illa ha illa allah wa asyahdu alla muhamadar rosulullah. Syahadat ini artinya bersaksi dan menyakini bahwa Allah adalah maha pembuat zat dan menjadi tuhan kita dan Nabi Muhammad adalah rosul perintah allah. Oleh karena itu rukun islam yang paling utama mengucapkan kedua kalimat syahadat itu. Syahadat sendiri dalam bahasa arab artinya adalah bersaksi. Sehingga maknanya adalah bersaksi bawa tiada tuhan selain allah dan Nabi Muhammad rasul utusan allah.

Rukun islam ada 5 yaitu yang kedua adalah sholat. Nabi bersabda bahwa solat merupakan tiang agama. Oleh karena itu penting sekali dan wajib hukumnya untuk menjalankan solat. Solat sendiri dalam islam ada solat wajib 5 waktu dalam sehari yang harus ditunaikan oleh semua muslim dan muslimah. Untuk muslimah kecuali jika memiliki halangan akibat hadas besar seperti haid. Nah hal ini wajib dilakukan oleh orang islam.

Setelah sholat kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslimin adalah puasa. Puasa ini juga ada yang wajib dan sunnah. Puasa wajib dilakukan saat bulan ramadhan. Puasa ini wajib dilakukan bagi semua umat silam yang telah baligh dan tidak berhadas besar. Nah bagi anak anak tidak wajib menjalankan puasa ramadhan namun wajib belajar untuk menjalankan puasa ini. karena ketika baligh atau telah sampai umurnya terkena aturan agama maka wajib menjalankan puasa.

Rukun islam yang ke empat adalah zakat. Hal ini wajib bagi semua umat muslimin yang mampu. Zakat yang diwajibkan dalam islam dan hampir semua muslim wajib melakukannya adalah zakat fitrah. Zakat ini ditunaikan setiap satu tahun sekali tiap setiap idul fitri. Kewajiban membayar zakat ini ditujukan kepada semua muslimin baik sudah baligh atau belum. Karena kewajiban zakat ni bisa dibayarkan oleh orang tua kalau untuk anak anak. Zakat fitrah harus ditunaikan karena merupakan ibadah dan amalan untuk melebur dosa selama satu tahun. Selain itu zakat fitrah juga memiliki banyak manfaat. Bisa membantu sesama muslim yang membutuhkan. Dalam zakat fitrah tidak sembarangan orang bisa menerima zakat ini. ada ketentuan khusus bagi orang yang menerima zakat fitrah.

Rukun islam ada 5 yaitu yang terakhir adalah haji. Rukun yang satu ini hanya ditunaikan oleh orang yang benar benar mampu untuk berhaji ke makkah. Karena ketika berhaji keluarga yang ditinggalkan atau hutang harus lunas sehingga tidak semua orang bisa berhaji.

Rukun islam ada 5 yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji bagi yang mampu. Semuanya memiliki penjelasan masing-masing. Dan wajib ditunaikan bagi umat islam.

Comment Closed: Rukun Islam Ada 5 Yaitu Apa Saja ? Nah Ketahui Penjelasan Lengkapnya Disini

Sorry, comment are closed for this post.