Menu Click to open Menus
Home » Kisah » Renungan » Renungan Malam Islam-Muhasabah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Renungan Malam Islam-Muhasabah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

(111 Views) May 31, 2017 1:27 am | Published by | Comments Off on Renungan Malam Islam-Muhasabah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Apa yang anda lakukan ketika malam menjelma? Yuph, mungkin jika diberikan pertanyaan seperti ini mungkin setiap orang akan mempunyai jawaban yang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang menggunakan waktu malamnya untuk menonton TV, ada sebagian lagi yang menggunakan waktunya untuk berkumpul dengan keluarganya, atau ada sebagian lagi yang menggunakan waktunya untuk tidur atau istirahat. Apalah hal tersebut dilarang? Tentu saja hal tersebut tidaklah dilarang karena memang semuanya itu termasuk dalam kebutuhan manusia. Namun demikian, untuk seorang Muslim, malam rasannya terlalu sayang jika hanya dihabiskan atau dilewatkan dengan melakukan aktivitas-aktivtas biasa saja. Lantas bagaimana seharusnya sikap seorang Muslim jika malam tiba? Haruskan melakukan renungan malam Islam? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Seorang Muslim Ketika Malam

Malam memang dikenal sebagai waktu yang tepat untuk beristirahat, hal tersebut dikarenakan bahwa sudah sehari penuh baik bagi pria maupun wanita melakukan segala aktivitas yang menjadi kewajibannya di siang hari. Sebagian orang juga menggunakan waktunya untuk menonton tv atau berkumpul dengan keluarganya. Namun demikian, bagi seorang muslim hendaknya menjadikan malam sebagai waktu untuk bermusabah diri atau melakukan renungan malam Islam.

Seorang muslim sangat sekali dianjurkan untuk melakukan musabah diri terhadap apa yang telah ia lakukan pada pagi dan siang hari khususnya dan apa yang kita lakukan selama kita hidup ini. Apakah hal yang kita lakukan tersebut lebih cenderung kepada aktivitas yang mengandung dosa atau sebaliknya hal yang kita lakukan tersebut apakah Allah ridho dan memberikan pahala kita semua. Hendaknya seorang muslim melakukan hal tersebut ketika malam tiba.

Mengapa harus dilakukan malam hari? Yup memang jika anda ingin bermuhasabah diri bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, namun demikian waktu yang paling tepat untuk melakukan hal tersebut ialah ketika malam hari, apalagi ketika waktu sepertiga malam terakhir dimana hampir semua manusia sedang pulas dan nyenyaknya tidur. Disitulah kita melakukan ibadah kepada Allah, memohon kepada Allah dan tentunya selalu bermuhasabah terhadap apa yang kita lakukan. Gunakan waktu tersebut untuk merenung dan berfikir tidak hanya tentang kehidupan dunia saja namun juga bagaimana tentang kehidupan akhirat. Hal itulah yang akan melunakkan hati kita dari yang tadinya sombong menjadi orang yang rendah hati dan yang lain sebagainya.

Renungan malam Islam juga sangat pas dilakukan di sepertiga akhir malam, mengingat waktu tersebut merupakan salah satu waktu yang msutajab untuk berdoa. Pada waktu itu, Allah turun ke bumi dan akan mengabulkan semua permintaan hamba-Nya. Oleh karena itu, melakukan ibadah sekaligus muhasabah diri akan sangat bagus dan mengena jika dilakukan di Malam hari.

Sumber: renungan malam islam merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan oleh seorang Muslim ketik malam menjelma.

Comment Closed: Renungan Malam Islam-Muhasabah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Sorry, comment are closed for this post.