Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Persiapan Ikhwan Dan Akhwat Sebelum Menikah

Persiapan Ikhwan Dan Akhwat Sebelum Menikah

(278 Views) March 29, 2017 3:44 am | Published by | Comments Off on Persiapan Ikhwan Dan Akhwat Sebelum Menikah

Dalam ajaran agama Islam, menikah memang suatu ibadah yang sangat dianjurkan bahkan oleh Allah pernikahan digolongkan sebagai suatu perjanjian yang besar dan agung. Pernikahan memang menjadi salah satu gerbong yang sangat diridhoi oleh Allah bagi sepasang kekasih yang ingin mendapatkan surga dari Allah. Bagaimana tidak? Pahala seseorang yang menikah itu sangat besar bahkan dalam suatu hadist sholeh disebutkan pahala 2 rakaat orang yang sudah menikah itu lebih besar dibandingkan dengan pahala bujangan yang sholat sunnah semalam suntuk. Itulah salah satu pahala yang dijanjikan oleh Allah bagi siapa saja yang menikah. Namun demikian tentunya menikah juga memerlukan persiapan karena layaknya menjalankan sebuah organisasi dimana harus ada persiapan yang matang bagi parang anggota perusahaan tersebut. Begitu juga dengan keluarga, seorang ikhwan atau akhwat yang ingin menikah juga harus mempersiapkannya. Apa saja persiapan ikhwan akhwat menikah? Berikut ialah persiapan menikah dalam Islam.

Persiapan Ilmu          

Persiapan pertama kaitannya dengan ikhwan akhwat menikah ialah dengan mempersiapkan ilmu secara cukup. Mempunyai ilmu, khususnya ilmu agama yang cukup memang menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam pernikahan islam. Islam memang agama yang kaffah atau menyeluruh atau komplet sehingga banyak hal yang sudah diatur dalam Islam dan salah satu yang sudah diatur ialah mengenai pernikahan. Oleh karena itu bagi ikhwan dan akhwat yang ingin menikah maka seharus menyiapkan ilmu yang cukup terlebih dahulu. Bauki ilmu sebelum nikah atau pra-nikah, ketika menikah dan setelah menikah atau pasca nikah. Minimal ketiga ilmu tersebut sudah dikuasai oleh pasangan yang ingin menikah baik ikhwan maupun akhwat. Salah satu ilmu yang bisa dipelajari ialah bagaimana menjemput jodoh yang dituntunkan oleh Islam? Bagaimana menjaga hati untuk menantikan pasangan yang diidamkan dan lain sebagainya.

Persiapan Ilmu

Setelah mempersiapkan ilmu dirasa cukup, bukan berarti anda berhenti untuk belajar kaitannya dengan ilmu pernikahan, maka tetaplah belajar karena anda juga harus mempersiapkan mental sebelum ikhwan akhwat menikah. Persiapan mental khususnya kematangan mental sangat penting dalam pernikahan. Menikah bukan layaknya cerita dongeng yang kayaknya semua berjalan dengan Indah, semuanya baik-baik saja, suami dan istri menikah tanpa adanya pertengkaran. Tentunya itu bukanlah gambaran sebenarnya kaitannya dengan menikah. Ketika anda menikah kelak maka akan banyak hal khususnya konflik, perbedaan antar pasangan yang terjadi, tentunya hal ini memerlukan kematangan mental dan kedewasaan sikap ketika menghadapi permasalahan tersebut.

Persiapan Spiritual

Jika memang and sudah menyiapkan mental serta ilmu, anda tidak seharusnya merasa cukup dan berhenti di kedua itu, karena persiapan ikhwan akhwat menikah ialah persiapan spiritual atau ruhiyah. Maksud dari persiapan spiritual ini ialah menyakini bahwa menikah merupakan saran untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Dengan kata lain, menikah itu membuat baik pasangan laki-laki maupun pasangan perempuan itu semakin bertakwa kepada Allah.

Persiapan Fisik

Persiapan terakhir ikhwan akhwat menikah ialah dengan mempersiapkan fisik dengan baik. Bagaimana cara melakukan persiapan fisik ini? Tentu banyak hal yang bisa anda lakukan dan salah satunya ialah dengan menerapkan olahraga yang teratur dan tentunya makan makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini sangat penting mengingat bahwa menikah itu butuh banyak energy karena seorang suami harus mencari nafkah untuk keluarganya sedangkan seorang istri juga mendapatkan tanggung jawab untuk mengurusi rumah.

Comment Closed: Persiapan Ikhwan Dan Akhwat Sebelum Menikah

Sorry, comment are closed for this post.