Menu Click to open Menus
Home » Kajian » Fiqh Wanita » Perlukah Mencuci Pembalut Bekas Pakai Sebelum Dibuang?

Perlukah Mencuci Pembalut Bekas Pakai Sebelum Dibuang?

(1240 Views) March 19, 2016 12:49 pm | Published by | Comments Off on Perlukah Mencuci Pembalut Bekas Pakai Sebelum Dibuang?

14pembalut1Berbicara soal pembalut, banyak wanita yang mempertanyakan apakah kita perlu mencuci pembalut bekas pakai yang penuh dengan darah haid sebelum membuangnya? Banyak mitos yang beredar menyebutkan pembalut bekas pakai harus dicuci bersih sebelum dibuang agar tidak diganggu jin atau setan. Benarkah demikian?

Sampai saat ini tidak dijumpai satupun ulama yang diakui keilmuannya yang memberikan menjelaskan bahwa para wanita dianjurkan untuk membersihkan bekas pembalut yang menampung darah haid ketika hendak dibuang dan tidak lagi digunakan. Bahkan yang nampak dari perbuatan para sahabat wanita, mereka tidak mencuci pembalut itu, padahal bisa dipastikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memahaminya. Dan tidak dijumpai riwayat beliau melarang mereka.

Dari Abu Said al-Khudri, bahwa sahabat bertanya: “Bolehkah kami berwudhu dengan air di sumur budha’ah, di sumur ini menjadi tempat pembuangan bekas haid, bangkai anjing, dan bangkai binatang?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi jawaban dengan kaidah:

إِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ لا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ

“Sesungguhnya air itu suci, dan tidak bisa berubah jadi najis oleh sesuatu apapun.” (HR. An-Nasai, Turmudzi, Abu Daud dan dinilai shahih oleh Al-Albani).

Yang dimaksud ‘bekas haid’ (dalam hadis diungkapkan dengan : al-hiyadh) adalah pembalut yang digunakan ketika haid, sebagaimana penjelasan al-Mubarokfuri ketika menjelaskan hadis ini di Tuhfatul Ahwadzi Syarh Sunan Tirmidzi.

Teks hadis ini menunjukkan bahwa para sahabat membuang pembalut dalam kondisi masih penuh dengan darah haid. Karena para sahabat yang menanyakan sumur budha’ah meyakini bahwa air sumur itu bercampur dengan darah haid, sehingga mereka menanyakan status kesucian air itu.

Meskipun tidak ada anjuran mencucinya, namun sebaiknya kita tidak membuangnya di tempat terbuka dan mudah dilihat orang.

Sumber: Konsultasisyariah

Comment Closed: Perlukah Mencuci Pembalut Bekas Pakai Sebelum Dibuang?

Sorry, comment are closed for this post.