Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Fashion » Tips Hijab » Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia

Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia

(5411 Views) March 10, 2014 2:17 am | Published by | No comment

Penggunaan jilbab berkembang dari waktu ke waktu. Sekarang jilbab banyak dimodifikasi sehingga menghilangkan kesan kulot dan terkesan fresh jika digunakan.

Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia

Jilbab pada dasarnya adalah sebagai penutup aurat. Seiring dengan perkembangannya, jilbab mengalami perkembangan dari aspek fungsi dan fashion. Pada abad 9 hingga 12, penggunaan jilbab dipengaruhi oleh kultur kebudayaan masing-masing wilayah atau negara. Di negara timur tengah misalnya, wanita menggunakan jilbab dengan tambahan cadar, masker dan burqa.

Pada awal abad 19, saat Islam sudah dapat diterima oleh rakyat nusantara, mulai timbul pemahaman tentang penggunaan jilbab sedikit demi sedikit. Pada awalnya penggunaan jilbab hanya sebatas menutupi sebagian kepala seperti diselampirkan saja.

Rezim Orde Baru dan perkembangan trend jilbab

Saat rezim orde baru, penggunaan jilbab dibatasi bahkan dilarang di beberapa instansi sekolah dan perusahaan. Adanya diskriminasi bagi para penggunanya membuat kaum wanita berpikir dua kali untuk mengenakan jilbab. Menjelang akhir rezim orde baru, terjadi gerakan kerudungisasi di kampus-kampus. Saat itu jilbab yang digunakan masih berbentuk kain segi empat polos dengan aplikasi bordir dibagian pinggirnya.

Modifikasi jilbab di era milenium

Awal milenium, para muslimah mulai bereksplorasi dengan gaya berhijab mereka. Muslimah memodifikasi jilbab agar dapat diterima di masyarakat dan tidak terkesan kuno atau kolot. Jilbab dengan berbagai pilihan motif, warna dan jenis kain bisa dipakai sesuai keinginan. Trend jilbab berkembang pesat di Indonesia yang notabene mayoritas penduduknya adalah muslim.

Trend yang berkembang sekarang adalah jilbab dari kain yang loose, dengan dililit dan berlayer layer atau draperi. Jilbab model ini memberi kesan fresh dan cantik pada pemakainya. Gaya berjilbab selalu berkembang dari waktu ke waktu. Ini karena para wanita selalu ingin tampil up to date walaupun dengan menggunakan jilbab.

No comment for Perkembangan Trend Jilbab di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.