Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Pentingnya Menanamkan Sikap Jujur dan Amanah Pada Anak Sejak Dini

Pentingnya Menanamkan Sikap Jujur dan Amanah Pada Anak Sejak Dini

(888 Views) July 4, 2015 8:09 am | Published by | Comments Off on Pentingnya Menanamkan Sikap Jujur dan Amanah Pada Anak Sejak Dini

Korupsi semakin merajalela di Indonesia, hampir setiap pejabat pemerintahan pernah merasakan uang hasil korupsi, dan itulah yang menyebabkan negara Indonesia semakin terpuruk sebab kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin semakin meningkat. Melihat hal seperti itu sebagai orang tua seharusnya mampu menanamkan sikap jujur dan amanah pada anak-anaknya, sebab tentu saja kita tidak mau bila melihat generasi muda Indonesia juga ikut-ikutan bertindak tidak terpuji seperti apa yang dilakukan para pejabat saat ini.

Sikap jujur dan amanah sangat perlu ditanamkan pada anak sejak dini, sebab selain merekalah kelak yang menjadi calon-calon penerus bangsa, sikap jujur dan amanah juga merupakan salah satu perintah Allah SWT.

Perlu anda ketahui, akar kata dari amanah sama dengan iman dan aman sehingga setiap umat muslim, merupakan orang yang beriman yang dapat mendatangkan rasa aman serta mampu menerima amanah dengan sebaik-baiknya. Sehingga itu artinya, orang yang mengingkari amanah bisa dibilang juga mengingkari perintah Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW juga pernah berkata bahwa  “Tidak ada keimanan bagi orang yang tidak memiliki amanah, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak pandai memeliharanya.” (HR Imam Ahmad bin Hambal).

Oleh karena itu, maka sejak dini hendaknya orang tua mengajarkan anak-anaknya agar dapat menjadi manusia yang mampu menjaga amanah dan dapat dipercaya. Caranya pun dapat bermacam-macam namun yang pasti setidaknya didik anak untuk mampu membedakan mana yang menjadi haknya dan mana yang bukan haknya, agar mereka tidak punya keinginan untuk memiliki sesuatu yang bukan menjadi haknya.

Comment Closed: Pentingnya Menanamkan Sikap Jujur dan Amanah Pada Anak Sejak Dini

Sorry, comment are closed for this post.