Menu Click to open Menus
Home » Kisah » Renungan » Pentingnya Berhijab Bagi Wanita

Pentingnya Berhijab Bagi Wanita

(773 Views) August 12, 2015 3:54 pm | Published by | Comments Off on Pentingnya Berhijab Bagi Wanita

Mungkin banyak diantara kita yang belum memahami perbedaan antara hijab dan jilbab dalam pengertian yang sesungguhnya.

Sebenarnya kedua hal tersebut baik jilbab maupun hijab memiliki makna yang berbeda, namun, dalam penerapannya hampir sama. Keduanya berfungsi untuk melindungi wanita dari fitnah, melindungi wanita dari pandangan syahwat, melindungi penggunanya agar menahan pandangan, serta agar ia terjaga kehormatan serta kesuciannya.

Berikut adalah penggalan arti dari surat Al Ahzab ayat 53 di dalam Al Quran yang bunyinya kurang lebih “… apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir/hijab cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka…”

Sebagai seorang muslimah, tentu kita sudah memahami apa artinya hijab. Hijab adalah sesuatu yang melindungi kita dari pandangan orang lain. Jadi, secara umum tidak selalu berbentuk jilbab atau pakaian. Hijab juga bisa diartikan sebagai tembok pemisah, kain pemisah atau yang lainnya.

Saat seorang muslimah berada di dalam rumah, rumah tersebut bisa menjadi hijab baginya. Sedangkan saat muslimah keluar rumah dan berjalan di tempat umum, maka pakaian yang dikenakan merupakan hijab. Pakaian yang memenuhi syarat hijab tentu saja diantaranya adalah jilbab yang lebar dan menutupi rambut serta dada, kemudian pakaian yang juga lebar tanpa memperlihatkan bentuk tubuh dan aurat.

  • Jilbab

Didalam Al-quran, secara tegas telah disebutkan bagaimana penggunaan jilbab yang baik dan benar. Oleh karena itu, apabila anda masih menemukan atau masih mengenakan jilbab yang tidak sesuai dengan yang digambarkan didalam Al-Quran, dapat diartikan bahwa anda belum menerapkan jilbab yang sesungguhnya.

  • Fungsi hijab

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya bahwa, hijab berfungsi untuk membuat agar hati lebih suci dan bisa menjaga diri. Dengan mengenakan hijab, seorang muslimah bisa melindungi dirinya dari pandangan laki-laki, terutama pandangan syahwat. Begitu pula sebaliknya, dengan adanya hijab wanita pun akan menjadi lebih santun dan menjaga pandangannya. Dengan demikian wanita tidak lebih mudah dikenali sebagai muslimah yang berusaha menjaga diri agar tidak digoda, tidak dilecehkan, atau dengan kata lain agar tidak diganggu.

Dan, selain itu, sebenarnya ada banyak manfaat lain dari berhijab yang jika kita telaah satu persatu akan menjadi pembahasan yang sangat panjang.

Jika demikian, apakah sebenarnya hijab hanya dikenakan oleh wanita saja untuk menghalangi pandangan seorang laki-laki atau sebaliknya, wanita juga diharuskan untuk berhijab terhadap laki-laki?

Wanita juga sebenarnya diharuskan untuk berhijab terhadap laki-laki. Caranya, adalah dengan menjaga pandangannya atau menundukkan pandangannya dari menatap seorang laki-laki.

Jadi, kesimpulannya adalah, bahwa setiap wanita diwajibkan untuk berhijab terutama untuk melindungi dirinya agar tidak terjerumus ke lembah maksiat. Baik itu secara langsung melindungi dirinya dari pandangan laki-laki, maupun melindungi dirinya dari memandang laki-laki.

Comment Closed: Pentingnya Berhijab Bagi Wanita

Sorry, comment are closed for this post.