Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kajian » PengertianTa’aruf Dalam Islam Dan Tata Caranya

PengertianTa’aruf Dalam Islam Dan Tata Caranya

(136 Views) May 23, 2017 1:02 am | Published by | Comments Off on PengertianTa’aruf Dalam Islam Dan Tata Caranya

Kata Ta’aruf pasti sudah tidak asing di telinga anda. saat ini banyak orang yang melakukan ta’aruf untuk mendapatkan jodohnya. Banyak orang yang salah paham tentang ta’aruf. Jadi seperti salah mengartikan arti ta’aruf yang sebenarnya. Ta’aruf berbeda dengan pacaran. Tapi sayangnya banyak orang yang mengatakan ta’aruf tapi pacaran. Lalu Seperti apa arti ta’aruf dalam islam yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini.

Pengertian Ta’Aruf Dalam Islam

Ta’aruf artinya berkenalan. Jadi dalam islam, ta’aruf artinya perkenalan antara laki laki dan perempuan untuk saling mengenal satu sama lain dan memiliki tujuan ke jenjang pernikahan. Rasullullah SAW memang memerintahkan Ta’aruf untuk mengenal satu sama lain. Ketika melakukan proses ta’aruf didampingi oleh ustad atau ustadzah, teman, saudara dan lainnya. orang-orang yang dipercaya dan masih mahramnya. Jadi ta’aruf tidak hanya perkenalan antara laki laki dan perempuan saja. Tapi juga ada keterlibatan dari orang tua. Inilah yang membedakan ta’aruf dengan pacaran.

Tata Cara Ta’Aruf Yang Benar

Lalu bagaimana ta’aruf dalam islam yang benar. Seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini tata caranya:

     Perkenalan Memakai Biodata Atau CV

Dalam ta’aruf perkenalan pertama kali menggunakan biodata atau cv. Dalam biodata tersebut harus menulis informasi data diri sejelas-jelasnya dan tidak boleh ada yang ditutupi. Sehingga ketika membaca biodata anda, orang tersebut sudah seperti mengenal anda. jadi tidak hanya cv data diri pada umumnya. Isinya bisa gaji, riwayat sekolah, kriteria calon, visi misi, cita-cita masa depan dan lainnya. semuanya harus anda tulis. Jika cocok nanti mediator akan mempertemukan anda dan pasangannya.

     Proses Pertemuan

Setelah kedua belah pihak sama-sama cocok, langkah selanjutnya adalah tatap muka atau pertemuan. Jadi kedua calon, tahu bentuk fisik dari masing-masing calon. Pada proses pertemuan ini bisa melakukan diskusi, tanya jawab dan lainnya. pertemuan harus ditemani oleh mediator. Kalau seumpama setelah bertemu ingin mundur, tidak apa-apa karena proses ini masih menjadi rahasia mediator dan calon saja.

     Ta’Aruf Ke Keluarga

Jika setelah proses pertemuan, keduanya ingin lanjut dan cocok. Pihak laki-laki bisa langsung ke proses ta’aruf ke keluarga. Pihak laki-laki mengenalkan diri ke keluarga perempuan. Berkomunikasi dan menyampaikan keinginan untuk meminang anaknya. Disini pihak keluarga juga bisa tahu karakter dari calon anaknya. Selain itu bisa mencari informasi dari orang terdekat. Jika keluarga memang tidak berkenan, juga bisa membatalkan proses ta’aruf.

     Proses Khitbah

Proses terakhir adalah proses khitbah. Khitbah artinya meminang, berarti laki-laki meminta perempuan untuk dinikahi. Kedua belah pihak keluarga saling bersilaturahmi. Menentukan tanggal akad dan lainnya. sampai ke jenjang pernikahan.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian ta’aruf dalam islam dan bagaimana tata caranya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda dan segera menemukan pasangan yang terbaik.

ta’aruf dalam islam memiliki pandangan yang bagus dan syari tanpa harus pacaran.

Comment Closed: PengertianTa’aruf Dalam Islam Dan Tata Caranya

Sorry, comment are closed for this post.